Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Salurkan Bansos Sebesar Rp900.000 Bulan Ini. Berikut Rinciannya!

Bantuan sosial atau bansos sebesar Rp900.000 tersebut terdiri dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp600.000 atau Rp200.000 per bulan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng sebesar Rp300.000 atau Rp100.000 per bulan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 19 April 2022  |  12:00 WIB
Presiden Joko Widodo menunjukkan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) saat sosialisasi kepada penerima dan pendamping di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Jakarta, Senin (3/12/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo menunjukkan kartu Program Keluarga Harapan (PKH) saat sosialisasi kepada penerima dan pendamping di Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Jakarta, Senin (3/12/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Guna menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya, pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) sebesar Rp900.000 untuk tiga bulan, mulai April hingga Mei, yang akan dibayarkan sekaligus pada April.

Adapun, bantuan sebesar Rp900.000 tersebut terdiri dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp600.000 atau Rp200.000 per bulan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng sebesar Rp300.000 atau Rp100.000 per bulan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, masing-masing bansos dipercepat penyalurannya berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Alasan percepatan distribusi bansos sekaligus tiga bulan adalah untuk menunjang daya perekonomian masyarakat menjelang hari raya," kata Muhadjir Effendy melalui siaran pers, Selasa (19/4/2022).

Lebih lanjut dia menerangkan, penerima bansos ditujukan kepada masyarakat yang telah terdaftar dalam skema bansos Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT dan BLT Minyak Goreng. Penyaluran bansos sendiri dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Muhadjir berharap dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami kontraksi yang berlebihan, terutama untuk menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, dia juga berharap agar penyaluran bansos berjalan lancar dan dapat selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri, sesuai arahan Presiden Jokowi.

"Kalau [penyaluran bansos] ini bisa dilakukan, maka apa yang menjadi target dari pemerintah akan terpenuhi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi blt bansos program keluarga harapan (pkh)
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top