Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lebaran 2022, Ini Kesiapan Pelayaran di Makassar dan Labuan Bajo

Pemerintah melakukan uji kelaikan operasional pelayaran jelang mudik lebaran 2022/1443 H di Pelabuhan Makassar dan Labuan Bajo.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 April 2022  |  15:01 WIB
Kapal Motor (KM) Lambelu bersandar di dermaga terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Selasa (14/4/2020). Beberapa kru kapal tersebut terpapar Covid-19 sehingga kapal beserta kru di karantina. Sebelumnya kapal tersebut lego jangkar diluar Pelabuhan Makassar sekitar 2 mil laut. Bisnis - Paulus Tandi Bone
Kapal Motor (KM) Lambelu bersandar di dermaga terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Selasa (14/4/2020). Beberapa kru kapal tersebut terpapar Covid-19 sehingga kapal beserta kru di karantina. Sebelumnya kapal tersebut lego jangkar diluar Pelabuhan Makassar sekitar 2 mil laut. Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah memastikan keselamatan pelayaran jelang angkutan lebaran 2022/1443 H dalam uji kelaiklautan kapal di Makassar dan Labuan Bajo.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ahmad Wahid menjelaskan pemeriksaan kelaikan dilakukan terhadap kapal kenumpang KM. Sabuk Nusantara 84 dan KM. Dharma Kencana VII.

Tim Uji Petik di Pelabuhan Makassar memeriksa dokumen kapal dan sertifikat awak kapal, pengujian sarana emergency di atas kapal, sarana radio komunikasi serta hal terkait keselamatan kapal yang wajib dipenuhi oleh operator kapal.

"Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi banyak hal, khususnya terkait kelaiklautan dan keselamatan kapal yang akan digunakan sebagai sarana angkutan dalam arus mudik dan arus balik pada Hari Raya Idulfitri tahun ini," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (12/4/2022).

Dia menjelaskan kegiatan Uji Petik di Pelabuhan Makassar ini juga merupakan rangkaian pelaksanaan yang juga telah dilakukan pada beberapa pelabuhan lainnya di seluruh Indoensia.

Uji petik jelang angkutan lebaran ini didasari oleh Instruksi Dirjen Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL I Tahun 2022 dan SK Dirkapel No. KP-DK 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Kegiatan Pengendalian Transportasi Laut Pada Masa Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

Dalam waktu yang bersamaan, uji petik juga dilakukan di Labuan Bajo terhadap kapal Tilongkaliba yang meliputi kelengkapan dokumen dan fasilitas kapal seperti lambung, geladak, sekoci, Inflatable Life Raft (ILR), life jacket, alat pendeteksi kebakaran, kursi/tempat tidur penumpang, bagian mesin dan lain-lain.

"Pada saat pemeriksaan diatas kapal dapat diketahui secara umum kapal dalam kondisi baik. Namun ada beberapa perbaikan sebagaimana hasil rekomendasi uji petik yang dilakukan sebelumnya di Benoa pada 23 Maret 2022 telah diajukan permintaan dari kapal ke perusahaan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan makassar Mudik Lebaran labuan bajo
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top