Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tantangan Bangun Ibu Kota Baru, Kepala Otorita IKN: Pemindahan 60.000 ASN, TNI, dan Polri

Tantangan lain dalam membangun ibu kota negara (IKN) baru adalah membangun dalam jumlah besar di area lingkungan yang betul-betul dilindungi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 06 April 2022  |  05:52 WIB
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menginap sehari di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menginap sehari di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono membeberkan beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Wakil Menteri Perhubungan era SBY itu mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah target jangka pendek, misalnya pemindahan bertahap bagi 60.000 aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri.

Tantangan lainnya adalah membangun dalam jumlah besar di area lingkungan yang betul-betul dilindungi.

"Tantangannya cukup banyak, tapi insyaallah dengan step by step, kita membangun dengan memperhatikan lingkungan dan kondisi sosial yang ada sehingga membangun liveable city dengan baik," katanya melalui siaran pers, Selasa (5/4/2022).

Prioritas pembangunan IKN hingga 2024 adalah showcasing untuk menunjukkan bahwa Indonesia serius dalam membangun Nusantara. Hal ini, tentunya dapat menciptakan market confidence bagi investor.

Bambang Susantono mengatakan, saat ini pemerintah tengah berfokus pada pembangunan pusat pemerintahan dan pusat kegiatan. Ini katanya akan dibangun terlebih dahulu dalam satu atau dua tahun ke depan.

"Mudah-mudahan di 2024, terbangun satu bagian kota yang memang sudah lengkap, tidak hanya pusat pemerintahan sehingga yang pindah lebih awal merasa ini adalah kota dan bukan hanya bagian dari sebuah kota," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur Ibu Kota Baru ibu kota negara
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top