Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPKM Level 2, Volume Pengguna KRL Meningkat Tiap Senin

Data KAI Commuter memperlihatkan adanya kenaikan volume penumpang setiap awal pekan. Volume tersebut lebih tinggi 15 persen dari rata-rata volume pengguna pada libur akhir pekan selama Maret 2022 yaitu sebesar 463.932 pengguna per harinya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Maret 2022  |  19:24 WIB
Kereta Rel Listrik melintas didekat Stasiun Tanah Abang, di Jakarta, Jumat (10/4). Bisnis - Dedi Gunawan
Kereta Rel Listrik melintas didekat Stasiun Tanah Abang, di Jakarta, Jumat (10/4). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Volume Pengguna KRL Jabodetabek pada Senin setelah libur akhir pekan dalam tiga minggu terakhir Maret 2022 menunjukkan tren meningkat sejalan dengan kembalinya aktivitas masyarakat pada pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mencatat rata-rata pengguna pada Senin 7 Maret 2022, 14 Maret 2022, dan 21 Maret 2022 lalu mencapai sebanyak 533.380 pengguna. Data tersebut lebih tinggi 15 persen dari rata-rata volume pengguna pada libur akhir pekan selama Maret 2022 yaitu sebesar 463.932 pengguna per harinya. Sedangkan rata-rata volume harian pengguna pada hari kerja selain hari Senin pada tiga pekan terakhir sebesar 470.175 pengguna.

“Dari data tersebut, akhir pekan merupakan hari dimana jumlah pengguna KRL Jabodetabek lebih rendah dibandingkan dengan pada hari kerja lainnya terutama hari Senin,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (27/3/2022).

Anne menuturkan pada pekan juga merupakan waktu yang tepat bagi pengguna KRL dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan. KAI Commuter mengajak para pengguna KRL terutama bagi pengguna yang akan kembali ke Jakarta dari daerah penyangganya, untuk menggunakan perjalanan KRL pada akhir minggu ini.

Saat ini KAI Commuter menyediakan 1.007 perjalanan KRL dengan jam operasional mulai pukul 04.00 – 22.00 WIB per harinya dan pemberlakuan kapasitas kuota pengguna sebanyak 60 persen sesuai dengan aturan dari Pemerintah. KAI Commuter mengajak pengguna untuk tetap taat protokol kesehatan. Tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri. Ikuti marka stiker yang ada agar kereta tidak terisi melebihi kapasitas pengguna yang diizinkan.

Mengingat cuaca yang tidak menentu dalam beberapa pekan terakhir ini, KAI Commuter mengajak pengguna untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca. Selalu siapkan payung, jaket, atau jas hujan saat pergi beraktivitas. Gunakan juga alas kaki yang tidak licin agar lebih aman.

Saat cuaca ekstrem mengganggu perjalanan KRL, kami menghimbau pengguna untuk tetap tenang serta mengikuti informasi dan petunjuk dari petugas di kereta. Petugas telah dibekali dengan prosedur dan pelatihan untuk menghadapi keadaan tersebut. Bila keadaan memungkinkan, petugas juga akan membantu pengguna untuk keluar dari kereta menuju ke stasiun terdekat ataupun ke rangkaian kereta lainnya dengan tetap mengutamakan keselamatan para pengguna.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api kereta commuter line
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top