Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru PLN Resmi Beroperasi

Selama pembangunan SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas), proyek ini berhasil menyerap tenaga kerja lokal hingga 1.378 orang.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  22:04 WIB
Teknisi melakukan penggantian kabel listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Surabaya, Kamis (28/9). - ANTARA/Didik Suhartono
Teknisi melakukan penggantian kabel listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Surabaya, Kamis (28/9). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) merampungkan pembangunan SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) senilai Rp1,4 triliun.

Keberadaan infrastruktur ini akan meningkatkan layanan sistem kelistrikan Jawa-Bali dan meningkatkan potensi investasi.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menyebutkan pengoperasian SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) ditandai dengan disalurkannya tegangan perdana (energize). Proyek Strategis Nasional (PSN) ini akan mengevakuasi daya dari pembangkit-pembangkit listrik besar di Utara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Pertumbuhan beban dan penambahan kapasitas pembangkit memerlukan pengembangan jalur  transmisi, baik transmisi baru maupun perkuatan transmisi eksisting,” jelas Djarot Hutabri dalam keterangannya, Selasa (22/03/2022).

Djarot menerangkan proyek SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) ini menjadi penutup dari serangkaian pembangunan PSN infrastruktur ketenagalistrikan backbone Jalur Utara Jawa yang terdiri dari 235 tapak tower dan 1 Low Level Gantry (LLG) sepanjang 204,4 kilometer sirkit (kms).

SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) akan mengalirkan daya dari PLTU Indramayu di Kabupaten Indramayu sampai dengan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibatu Baru (Deltamas) yang berlokasi di Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

“Dengan dukungan dari berbagai pihak dan stakeholder, proses energize SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas) pada Line 1 alhamdulillah telah berhasil dilakukan pada hari Senin lalu, 14 Maret 2022 dan Line 2 pada Kamis, 17 Maret 2022,” sambung Djarot.

Pada pembangunan infrastruktur tersebut, PLN memanfaatkan barang dan jasa industri domestik dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 84,165 persen. Hal ini sesuai dengan komitmen PLN untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di berbagai proyek kelistrikan demi memacu pertumbuhan industri dan perekonomian  nasional.

Selama pembangunan SUTET 500 kV PLTU Indramayu – Cibatu Baru (Deltamas), proyek ini berhasil menyerap tenaga kerja lokal hingga 1.378 orang.

“Pembangunan jaringan transmisi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan bagi pelanggan dengan pasokan listrik yang lebih andal dan meminimalisasi terjadinya pemadaman,” tutup Djarot.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN pln batam sutet dirut pln PLN Disjaya
Editor : Ina Primiana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top