Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Terminal LPG Tanjung Sekong Tekan Konsumsi Listrik

Terminal LPG Tanjung Sekong yang dikelola oleh PT Peteka Karya Tirta (PKT) sukses melakukan inovasi untuk mengurangi konsumsi listrik.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Terminal LPG Tanjung Sekong yang dikelola oleh PT Peteka Karya Tirta (PKT), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) sukses melakukan inovasi untuk mengurangi konsumsi listrik. Langkah ini membuktikan komitmen dalam mendukung program efisiensi energi yang ramah lingkungan.

Terminal LPG Tanjung Sekong berperan dalam pendistribusian Gas LPG kepada para pelanggan di Regional Jawa Bagian Barat yang meliputi Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Terminal gas ini beroperasi penuh selama 24 jam setiap hari, penggunaan listrik di terminal LPG Tanjung Sekong terhitung cukup besar, yakni rata-rata mencapai 57.362 kWh per bulan.

Salah satu konsumsi listrik paling besar di komplek terminal LPG ini ada di area operasional plant refrigated LPG. Pasalnya, area ini memiliki sarana dan fasilitas operasional seperti Bog, sea water pump, dan electrical transfer pump yang kebutuhan listriknya tinggi.

Tim Terminal LPG Tanjung Sekong lalu menerapkan inovasi yang menjadi pioneer dalam perubahan mekanisme operasional. Jika sebelumnya menggunakan dua pompa dan menghasilkan daya lebih besar, fasilitas tersebut kini bisa menjadi satu pompa.

“Metode pengurangan penggunaan listrik pada pompa Bog Condensate ini dilakukan dengan modifikasi jalur pipa,” ujar Direktur Utama PKT, Hari Purnomo, dalam keterangannya, Jumat (18/03/2022).

Modifikasi dilakukan di jalur pipa BOG yang menuju tangki timbun LPG mix, sehingga proses pemindahan liquid LPG jaraknya lebih menjadi lebih dekat dan bisa dilakukan dengan satu unit pipa.

Efisiensi energi melalui penggunaan satu unit pipa ini pun mampu menghasilkan penghematan sebesar 108.000 kWh per tahun atau senilai Rp 85.518.180. Hitungan ini sesuai dengan hitungan tarif listrik yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper