Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

C4D Partners Fokus Danai UKM yang Berkontribusi pada Sustainable Development Goals

C4D Partners memprioritaskan UKM yang menerapkan ataupun berkontribusi langsung pada pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs). Di Indonesia, salah satu UKM yang telah mendapatkan dukungan investasi dari C4D Partners adalah Green Rebel, sebuah brand daging nabati (plant-based) yang menyehatkan dan organik.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  23:16 WIB
Di Indonesia, salah satu UKM yang telah mendapatkan dukungan investasi dari C4D Partners adalah Green Rebel, sebuah brand daging nabati (plant/based) yang menyehatkan dan organik.
Di Indonesia, salah satu UKM yang telah mendapatkan dukungan investasi dari C4D Partners adalah Green Rebel, sebuah brand daging nabati (plant/based) yang menyehatkan dan organik.

Bisnis.com, JAKARTA – Capital 4 Development Partners B.V. (C4D Partners), impact fund manager yang bertujuan untuk membangun penghidupan masyarakat menengah kebawah dengan mendukung pengembangan UKM di Indonesia menegaskan komitmennya pada pembiayaan UKM yang berkontribusi pada pemenuhan Sustainable Development Goals.

Marcel Neutel, Co-Founder dan Partner C4D Partners menerangkan bahwa kehadiran UKM memainkan peran krusial dalam sektor ekonomi di semua negara, terutama dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, membuka lapangan pekerjaan, mobilitas sosial, dan inovasi. Data Asian Development Bank, 96% pelaku bisnis di Asia terdiri dari UKM, yang secara total membuka 2 dari 3 lapangan pekerjaan swasta di benua ini.

Menurutnya salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh pelaku UKM adalah akses permodalan yang fleksibel. Karena ekonomi Indonesia mengandalkan pilar institusi finansial seperti perbankan, banyak UKM yang belum bisa mengakses permodalan karena persyaratan yang ketat dan agunan yang tinggi.

“Celah inilah yang menjadi fokus utama dari Capital 4 Development (C4D) Partners, pengelola dana impact yang punya fokus untuk mendanai UKM di India dan Indonesia,” ujarnya seperti siaran resmi yang dikutip, Rabu (16/3/2022).

Menurutnya, C4D Partners berinvestasi pada UKM berkembang yang berdampak positif bagi komunitas sekitarnya. “Kami berinvestasi pada UKM yang sedang melalui tahap pertumbuhan inovatif dengan instrumen pendanaan fleksibel berupa mezzanine dan utang jangka panjang, yang disesuaikan dengan profil risiko bisnis masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menerapkan impact investing, di mana investasi yang dikeluarkan wajib bertujuan untuk menghasilkan dampak positif bagi masyarakat, tidak hanya profit finansial. “Cara inilah yang kami yakini bisa berkontribusi terhadap penanggulangan isu-isu penting pada masyarakat,” ungkap Marcel Neutel.

Marcel menegaskan, C4D Partners memprioritaskan UKM yang menerapkan ataupun berkontribusi langsung pada pemenuhan Sustainable Development Goals (SDGs). Di Indonesia, salah satu UKM yang telah mendapatkan dukungan investasi dari C4D Partners adalah Green Rebel, sebuah brand daging nabati (plant-based) yang menyehatkan dan organik.

Didirikan oleh Helga Angelina Tjahjadi dan Max Mandias, brand ini bertujuan untuk menyediakan pilihan makanan plant-based lokal dan sehat dengan berbagai hidangan siap saji seperti steak, sosis, sate, rendang, pangsit, dan banyak lagi.

C4D Partners mendukung upaya Green Rebel dalam bentuk pengembangan bisnis capital expenditure. Melalui investasi tersebut, Green Rebel mampu meningkatkan produksi dan bisnisnya, menyediakan lebih banyak pekerjaan dan stabilitas dalam jangka panjang. Berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup petani, Green Rebel mendapatkan bahan baku langsung dari lebih dari 400 petani di seluruh Indonesia dengan harga premium.

“Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang tepat, kami dapat membantu perusahaan portfolio kami untuk berkembang baik secara finansial maupun sosial. Oleh sebab itu,  kami berharap pada tahun ini, kami dapat merangkul lebih banyak lagi UKM Indonesia dan bersama melangkah menuju Sustainable Development Goals (SDG),” tutup Marcel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm pendanaan SDGs
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top