Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Bengkel Pesawat Pertama di Kerjati Bakal Rampung 2023

Pembangunan pusat pemeliharaan pesawat di Bandara Kertajati ditargetkan selesai pada 2023.
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan pusat pemeliharaan pesawat (Maintenance Repair and Overhaul/MRO) di Bandara Kertajati diperkirakan rampung pada 2023 setelah masuknya investor baru, ACN Aero Teknik.

Anak usaha Asia Cargo Network tersebut akan berinvestasi senilai US$10 juta untuk membangun pusat pemeliharaan pesawat di Bandara Kertajati.

CEO Asia Cargo Network Group Marco Isaak memperkirakan pasar MRO di Indonesia tumbuh 9,2 persen setiap tahun selama tiga tahun ke depan. Dia pun optimistis dapat bekerjasama dengan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan berbagai instansi pemerintah lainnya untuk menjadikannya game changer bagi industri penerbangan dan logistik.

“Pembangunan pada tahap 1 dan tahap 2 akan selesai pada 2023. Setelah selesai, Kertajati Aircraft Maintenance akan dapat melayani MRO hingga puluhan pesawat setiap bulannya,” ujarnya, Jumat (4/3/2022).

Sementara itu, pengembangan Bandara Internasional Kertajati seluas 590 hektar akan didedikasikan untuk hub logistik Aerocity (pusat industri dan pergudangan). Hal ini bertujuan untuk menjadi kota bandara hijau yang mencakup penciptaan mal rekreasi, hotel bintang 3 dan 5, dan fasilitas MICE.

Bandara Kertajati saat ini telah memulai berbagai langkah untuk memulihkan kinerja yang terimbas pandemi. Seperti diketahui, setelah beroperasinya bandara Kertajati pada 1 Juli 2019 seluruh operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara dialihkan ke bandara KJT.

Sejak dibuka, Bandara KJT telah melayani total 16 rute lepas landas dan mendarat per harinya. Total tercatat ada sebanyak 4.000 penumpang per hari yang dilayani oleh Bandara kertajati.

Namun, jumlah penumpang tersebut mengalami penurunan pada akhir 2019. Puncaknya, pada April 2020 tidak ada pergerakan penerbangan dan penumpang di bandara tersebut. Karena itu, pemerintah mulai 20 Agustus 2020 mengalihkan penerbangan maskapai berjadwal rute domestik jenis jet ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Menghadapi kondisi tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan saat ini sudah ada satu operator kargo yang melaksanakan aktivitas penerbangan di bandara yang terletak di Majalengka, Jawa Barat tersebut.

“Untuk Bandara Kertajati, kami punya program agar bisa mengoperasikan kargo. Jadi bandara ini kami sampaikan nggak ‘tidur’ lagi. Kargo penerbangan dijalankan oleh operator secara berjadwal,” ujarnya.

Dia juga membenarkan progres pembangunan akses tol menuju bandara tersebut berjalan agak tertatih. Tetapi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah melaporkan bahwa  progres pembangunan tol Cisumdawu saat ini  tinggal menyisakan satu segmen yang belum terselesaikan.

“Jadi kami nggak bergantung jalan tol tapi kargo sudah jalan,” imbuhnya.

Selain itu, Novie menyebutkan bahwa potensi pergerakan bandara tersebut akan berasal dari umrah dan haji. Ia menjelaskan apabila nantinya pembangunan asrama haji sudah rampung dan penerbangan umrah atau haji dapat dimulai kembali, maka Bandara Kertajati bisa menuai hasilnya.

Asrama haji di Indramayu ini digadang-gadang menjadi embarkasi terbesar di Indonesia. Asrama haji Indramayu diharapkan dapat digunakan untuk pemberangkatan haji melalui Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada tahun ini.

“Kami sudah koordinasikan saat umrah berjalan kami akan arahkan ke Bandara Kertajati ke depannya. Untuk menjalankan umrah tidak hanya asramanya tetapi bisa sma-sama bahu membahu untuk umrah,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper