Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ACN Aero Teknik Bangun Bengkel Pesawat di Bandara Kertajati Rp143,9 Miliar

ACN Aero Teknik berivestasi senilai US$10 juta untuk membangun fasilitas bengkel pesawat di Bandara Kertajati, Jawa Barat.
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – ACN Aero Teknik, anak perusahaan Asia Cargo Network menanamkan modal US$10 juta atau sekitar Rp143,9 miliar (dengan asumsi kurs Rp14.391/US$) untuk membangun fasilitas bengkel pesawat di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

CEO Asia Cargo Network Group Marco Isaak menjelaskan ada dua kesepakatan yang diteken antara perusahaan dan PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB), sebagai pihak yang mengoperasikan Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat.

Kesepakatan pertama, tuturnya, terkait dengan rencana pembangunan fasilitas Maintenance Repair and Overhaul (MRO) di Bandara Internasional Kertajati.

Sebaliknya perjanjian kedua adalah untuk pengembangan fasilitas one-stop experience termasuk airport hotel transitshopping mall, food court dan exhibition center di fasad gedung bandara seluas 15.000 meter persegi.

Marco menyebut pembangunan Kertajati Aircraft Maintenance menjadi hanggar MRO pertama yang ada di Bandara Internasional Kertajati, dan fasilitas hanggar kedua di Jawa Barat setelah Bandung.

“Dibangun di atas lahan seluas 9 hektar, Asia Cargo Network telah menyepakati investasi awal sebesar US$10 juta untuk melaksanakan konstruksi tahap pertama yang ditargetkan selesai dalam delapan bulan ke depan,” ujarnya, Jumat (4/3/2022).

Menurutnya investasi ini juga sejalan dengan rencana strategis untuk memperluas kapasitas bandara Kertajati tidak hanya sebagai hub perjalanan di Jawa Barat tetapi juga meningkatkan kemampuan MRO di Jawa Barat. Karena itu Asia Cargo Network akan menjadi bagian integral dari rencana ekspansi pada fase pertama.

Sementara itu, pada tahap kedua, dengan luas area seluas 5 hektar akan dikembangkan untuk meningkatkan dan menambah lebih banyak pertumbuhan hangar. Investasi lanjutan bakal dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

Dia memperkirakan pasar MRO di Indonesia tumbuh sebesar 9,2 persen setiap tahun selama tiga tahun ke depan. Pembangunannya diharapkan bisa menjadi game changer untuk penerbangan dan logistik.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sekitar 46 persen pesawat di Indonesia melakukan kegiatan MRO di luar negeri sehingga membuka ruang untuk tumbuh di pasar domestik. Dengan menumbuhkan kapabilitas MRO di luar Jakarta dan ke arah barat juga akan berdampak terhadap efisiensi biaya yang ditanggung oleh maskapai.

Dua kesepakatan penting tersebut jelas membawa angin segar bagi pengelola bandara Kertajati. Keberadaan investor berpengaruh signifikan terhadap perluasan kemampuan operasi dan layanan di kawasan tersebut. Mengingat saat ini bandara berkode KJT tersebut tengah berjuang memulihkan kinerja yang terimbas pandemi Covid-19.

Saat ini BIJB memiliki luas total lahan peruntukkan MRO adalah sebesar 84 hektare. Masuknya Asia Cargo Network sebagai investor pertama dipandang sebagai awal dari rencana pembangunan kembali bandara yang akan memposisikan dirinya menjadi pusat logistik dan fasilitas pusat perawatan pesawat di Indonesia.

Pemerintah memang mendorong pengembangan angkutan kargo dan pemeliharan pesawat atau MRO agar lebih optimal di Banadara Kertajati.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan Bandara Kertajati tengah disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat. Selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umrah. 

Guna mendukung rencana tersebut, lanjutnya, perlu disosialisasikan jenis barang-barang yang bisa dikirim lewat Bandara Kertajati dan juga keunggulan biaya yang lebih efisien.

Menhub mendorong pengelola Bandara Kertajati untuk berkomunikasi dengan para perusahaan kargo internasional misalnya dari Dubai, Hongkong, dan negara lainnya, agar pergerakan angkutan kargo terus meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper