Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PTDI Diminta Perbesar Kapasitas Bengkel Pesawat Hercules

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim mendukung PTDI dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam kemampuan perawatan serta modernisasi pesawat C130 Hercules.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 Februari 2022  |  03:33 WIB
Helikopter Bell-412 EPI akan dioperasikan Skadron-11 Serbu Puspenerbad.  - PTDI
Helikopter Bell-412 EPI akan dioperasikan Skadron-11 Serbu Puspenerbad. - PTDI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) diminta untuk memperbesar kemampuan perawatan (Maintenance Repair and Overhaul/MRO) pesawat C130 Hercules sejalan dengan rencana ekspansi kerja sama bersama sejumlah perusahaan Amerika.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim mendukung PTDI dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam kemampuan perawatan serta modernisasi pesawat C130 Hercules.

“Kami sangat mendukung PTDI untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas MRO khususnya dalam melaksanakan pekerjaan perawatan dan modernisasi Pesawat C130 Hercules yang rencananya akan dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan Amerika,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (24/2/2022).

Sebelumnya, PTDI dan Bell Textron Inc. yang merupakan industri manufaktur pesawat yang berbasis di Texas, Amerika Serikat akan menjalin kolaborasi strategis di bawah kesepakatan Industrial Collaboration Agreement (ICA). Terkait dengan kerja sama ini, PTDI berperan sebagai global supply chain untuk Bell Textron Inc. dalam hal memproduksi tail boom, door post, pylon dan ducts untuk helikopter Bell 412 dan Huey II, serta sebagai Certified Maintenance Center (CMC) untuk seluruh produk helikopter Bell yang dioperasikan di Indonesia.

“Terhadap kemitraan yang telah terjalin kuat antara PTDI dan Bell Textron, saya yakin ada peluang luar biasa untuk memperdalam ikatan itu. Kami sangat fokus untuk memastikan kemitraan ekonomi antara kedua negara terus tumbuh,” imbuhnya.

Dalam tinjauannya di fasilitas produksi komponen helikopter Bell 412EPI, dia juga sekaligus menyaksikan pelaksanaan ferry flight Heli Serbu Bell 412EPI ke-9 pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Darat.

Heli Serbu ke-9 dengan tail number HX-4151 yang dikirimkan hari ini mencatatkan bahwa kontrak pengadaan sebanyak 9 (sembilan) unit Heli Serbu Bell 412EPI oleh Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Darat telah sepenuhnya dituntaskan oleh PTDI.

Heli Serbu tersebut telah berhasil lepas landas dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI, Bandung, penerbangan dari Bandung menuju Skadron 21 Pondok Cabe, Jakarta.

Kesembilan Heli Serbu akan dioperasikan seluruhnya oleh Skadron 11 dan Skadron 21, dimana 3 (tiga) unit helikopter pertama telah dikirimkan pada tanggal 29 Desember 2020, 17 Februari 2021 dan 19 Februari 2021, dilanjutkan dengan pengiriman 2 (dua) unit helikopter lainnya secara bersamaan pada tanggal 21 Juli 2021, serta 3 (tiga) helikopter selanjutnya pada tanggal 19 November 2021, 06 Desember 2021 dan 09 Februari 2022.

Heli Serbu yang disiapkan untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan kelancaran operasi Puspenerbad ini ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac, dengan tenaga take off 13 persen lebih besar dibanding jenis mesin Bell 412EP, serta dilengkapi dengan Minigun M134D yang mengusung kaliber 7,62x51 mm dan External Rescue Hoist System.

Sistem avionik Helikopter Bell 412EPI sangat mudah disesuaikan dan dikonfigurasi untuk berbagai kebutuhan operasi dan customizing. Kemampuan payload helikopter Bell 412EPI adalah 5.534 kg, dengan kapasitas bahan bakar 1.251 liter pada kecepatan jelajah 235 km/jam dan dapat terbang sejauh 687 km selama 4 jam, dengan perhitungan helikopter terbang dengan payload 4.309 kg.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Helikopter duta besar ptdi
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top