Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRL Jatinegara-Bogor akan Pakai Rangkaian Kereta Lebih Panjang

KAI Commuter menyiapkan KRL Jatinegara-Bogor akan pakai rangkaian kereta lebih pajang dengan SF 12.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  07:28 WIB
KRL Commuter Line melintas di Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Fauzan
KRL Commuter Line melintas di Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO - Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Commuter tengah menyiapkan operasional KRL dengan rangkaian yang lebih panjang di loop line, atau jalur lingkar Jatinegara-Bogor/Nambo PP.

"Guna memenuhi harapan pelanggan terutama yang sering menggunakan KRL di Loop Line atau jalur lingkar [Jatinegara–Bogor/Nambo PP] KAI Commuter sedang menyiapkan operasional KRL dengan rangkaian yang lebih panjang di Lin tersebut," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dikutip dari siaran resmi, Rabu (23/2/2022).

Dalam waktu dekat, loop line juga akan mulai dilayani rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta dalam satu rangkaian atau kereta SF 12. Saat ini, Anne menyebut loop line dilayani dengan rangkaian kereta yang terdiri dari 8 atau 10 kereta dalam satu rangkaian.

Dia mengatakan kereta SF 12 sebelumnya tidak dapat melayani lintas ini karena kondisi prasarana perkeretaapian. Misalnya, panjang peron yang belum mencukupi dan adanya perlintasan sebidang di sejumlah lokasi dekat stasiun.

Dalam beberapa pekan terakhir jajaran KAI Commuter dan PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan survei dan persiapan secara bertahap untuk menyesuaikan kondisi prasarana perkeretaapian agar dapat melayani kereta SF 12.

Sebagai contoh, jelas Anna, perlintasan sebidang di Stasiun Kemayoran telah ditutup mulai 1 Februari 2022 lalu. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan keselamatan bagi pengguna jalan maupun perjalanan kereta, serta mendukung program pengoperasian kereta SF 12 ini.

Di sisi lain, survei yang dilakukan oleh KAI Commuter menemukan bahwa sejumlah stasiun sudah dapat melayani kereta SF 12 dengan cukup dengan menggeser marka penanda batas berhenti kereta. Sementara itu, panjang peron pada sejumlah stasiun lain belum mencukupi untuk kereta SF 12.

Oleh sebab itu, Anne menyampaikan bahwa PT KAI dan KAI Commuter akan menyiapkan perpanjangan peron.

"Dalam masa pekerjaan perpanjangan peron, petugas akan mengumumkan kereta mana saja yang belum mendapat peron di stasiun tertentu, sehingga pengguna yang akan turun di stasiun tersebut dapat bergeser ke kereta lain," tuturnya.

Saat ini, Anne mengatakan berbagai persiapan terus dilakukan petugas di sejumlah stasiun loop line untuk dapat melayani kereta SF 12. Dalam waktu dekat, uji coba pengoperasian satu rangkaian kereta SF 12 di lintas ini akan dilakukan.

Anne mencatat bahwa terdapat 198 perjalanan di loop line pada setiap harinya. Lin ini melayani jumlah pengguna yang cukup besar dengan rata-rata 78.616 pengguna per hari. Selain itu, lin ini banyak berhenti di beberapa stasiun transit yang dipadati pengguna antara lain Stasiun Jatinegara, Kampung Bandan, Duri, Tanah Abang, Manggarai, dan Nambo.

"Para pengguna telah banyak memberi masukan agar kereta SF 12 dapat melayani pengguna di lintas ini. Program dan perencanaan ini, menjadi komitmen KAI Commuter untuk meningkatkan layanan dan berfokus pada pelanggannya," tutupnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl kai commuter
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top