Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendag Gelar Operasi Pasar di Surabaya, 10 Ton Minyak Goreng Curah Digelontor

Kementerian Perdagangan menggelar operasi pasar minyak goreng curah sebanyak 10 ton di Pasar Tambahrejo dan Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  15:23 WIB
Sejumlah warga antre untuk membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Halaman Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah warga antre untuk membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar minyak goreng murah di Halaman Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (11/1/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan bersama Dinas dan Perindustrian dan Perdagangan Provinsi  Jawa  Timur kembali melaksanakan operasi pasar minyak goreng curah sebanyak 10 ton di Pasar Tambahrejo dan Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/2/2022).

Dikutip dari keterangan resminya, operasi pasar ini dilakukan sebagai upaya stabilisasi harga dan ketersediaan stok barang kebutuhan pokok berupa minyak goreng untuk masyarakat Surabaya. Operasi pasar kali ini dipimpin Direktur Jenderal  Perdagangan  Dalam Negeri,  Oke  Nurwan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga telah melakukan kunjungan dan operasi pasar minyak goreng di Surabaya, Jumat (18/2/2022).

“Kementerian Perdagangan menggelontorkan minyak goreng curah di Pasar Tambahrejo dan Pasar  Pucang Anomdengan  mekanisme  penjualan  langsung  kepada  pedagang  eceran. Tiap pedagang bisa mendapatkan maksimal 5 jeriken  dengan harga pembelian Rp10.500/liter atau setara  Rp11.700/kg.  Selanjutnya,  pedagang  yang  menerima  pasokan  wajib  menjual  kepada konsumen  akhir  dengan  harga  Rp11.500/liter  atau  setara  Rp12.800/kg  sesuai  harga  eceran tertinggi [HET] yang berlaku,” ujar Oke.

Menurut  Oke, operasi  pasar  dilakukan  sebagai  upaya  menyediakan  pasokan  minyak  goreng curah murah bagi para pedagang pasar. Tujuannya agar pada pedagang dapat menjual kembali ke masyarakat dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

“Selanjutnya, Kemendag juga akan melanjutkan kegiatan ini di pasar lainnya di Kota Surabaya dan pasar di kota-kota lainnya di Provinsi Jawa Timur dalam beberapa pekan ke depan," tekannya.

Selain itu, Oke juga memastikan pasokan minyak goreng kemasan premium di ritel modern di kota Surabaya seperti  Superindo,  Bonnet  Swalayan,  Transmart,  Hypermart,  Lottemart,  Indogrosir, Alfamart,  dan  Indomaret  terpenuhi  sesuai  HET  yang  telah  ditetapkan  yaitu  Rp14.000/liter.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag minyak goreng operasi pasar
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top