Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Lonjakan Okupansi Akomodasi saat MotoGP, Sandiaga Lakukan Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta otoritas terkait untuk mengantisipasi lonjakan okupansi hotel dan homestay.
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA – Evaluasi dari tes pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 Februari 2022 menyisakan catatan penting.

Meskipun berjalan lancar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta untuk mengantisipasi lonjakan okupansi hotel dan homestay.

Isu akomodasi menjadi catatan penting dalam gelaran MotoGP. Menurut Sandiaga, kesiapan akomodasi harus dipersiapkan secara matang karena nantinya akan hadir lebih banyak wisatawan dibandingkan dari tes pramusim.

Ia meminta kepada pihak terkait seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mengantisipasi lonjakan akomodasi terutama transportasi agar harganya tidak melambung tinggi.

“Akomodasi harus betul-betul mumpuni harus kolaborasi dan koordinasi dengan pihak terkait seperti PHRI. Pastikan akomodasi tersedia dan tingkat okupansinya harus diantisipasi lonjakan kebutuhan kamar hotel dan homestay, terutama transportasinya juga agar harganya tidak melonjak,” jelas Sandi dalam dalam acara G20 Finance Track Side Event, Senin (14/2/2022).

Dalam penanganan hal tersebut, sudah dilakukan penambahan akomodasi seperti hotel terapung, glamping, live on board, dan kapal pesiar.

Kemenparekraf juga menjalin kerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menyediakan campervan dan camping ground. Sementara itu, Eiger dan Bobobox turut membantu meningkatkan akomodasi tersebut.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Baparekraf Rizki Handayani menambahkan homestay di desa wisata NTB akan ikut andil dalam menyediakan akomodasi. Rumah susun dan sarhunta juga turut disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper