Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Siapkan Rp5,43 Miliar untuk Transportasi Darat IKN Baru

Kemenhub menyiapkan anggaran senilai Rp5,43 miliar untuk transportasi darat di IKN Baru.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 10 Februari 2022  |  11:15 WIB
Kemenhub Siapkan Rp5,43 Miliar untuk Transportasi Darat IKN Baru
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menganggarkan dana Rp5,43 miliar sebagai dukungan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk mempersiapkan pembangunan transportasi darat di IKN dan sekitarnya.

"Jadi, ada dukungan kawasan IKN senilai Rp5,43 miliar," ujarnya dikutip dari tayangan Youtube Komisi V DPR RI, Kamis (10/2/2022).

Budi memerinci, dana tersebut akan digunakan untuk penyusunan analisis dampak lalu lintas di IKN sebesar Rp1,2 miliar, penyusunan masterplan DED Terminal Tipe A KIPP IKN dan penyusunan studi kelaikan atau feasibility study Rp1,09 miliar.

Selanjutnya, pihaknya juga menganggarkan untuk pembangunan fasilitas pendukung dan integrasi moda di IKN senilai Rp1,3 miliar, Penyusunan Desain Intelegent Transort System (ITS) di IKN sebesar Rp800 juta, dan studi penerapan sarana dan prasarana transportasi darat yang ramah lingkungan di KIPP.

"Selain transportasi darat, Kemenhub juga akan membangun transportasi sungai, danau, dan penyeberangan yang bertujuan sebagai alternatif perjalan di sekitar IKN," tambah Budi.

Terkait dengan hal ini, dia menuturkan bahwa konsep jaringan transportasi di IKN akan dibangun dengan berbagai macam moda yang disesuaikan dengan kondisi jaringan jalan dan tingkat permintaan penumpang.

Nantinya, sambung Budi, sistem angkutan massal di IKN akan melayani koridor-koridor utama kota, sementara moda transportasi tidak bermotor didorong untuk perjalanan jarak pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Ibu Kota Baru
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top