Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan Pekerja Migran Bisa Ikut Program Kartu Prakerja

Mantan pekerja migran yang telah kembali ke Indonesia dapat mengikuti program Kartu Prakerja, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk masuk ke bursa kerja di dalam negeri.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 09 Februari 2022  |  23:43 WIB
Mantan Pekerja Migran Bisa Ikut Program Kartu Prakerja
Pekerja Migran Indonesia (PMI) menunggu pendataan oleh petugas BP3TKI saat tiba di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu (27/5/2018). - ANTARA/Reza Novriandi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan pekerja migran yang telah kembali ke Indonesia dapat mengikuti program Kartu Prakerja, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif untuk masuk ke bursa kerja di dalam negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar bertema Impact Evaluation of Kartu Prakerja as Covid-19 Recovery, Rabu (9/2/2022).

Dia menjelaskan bahwa sebanyak 11,4 juta orang telah menjadi penerima manfaat program Kartu Prakerja. Di antara mereka terdapat mantan pekerja migran.

“Untuk pertama kalinya, para purna-pekerja migran disentuh dengan program pelatihan dan semi bansos, sehingga mereka dapat kembali masuk ke dalam job market. Hal ini merupakan sebuah terobosan,” ujar Airlangga pada Rabu (9/2/2022).

Pelibatan mantan pekerja migran itu mendapatkan apresiasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Upaya menarik mantan pekerja migran ke bursa kerja di dalam negeri dinilai menjadi salah satu langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Airlangga, pemerintah mendorong konsep program Kartu Prakerja dalam Presidensi G20 Indonesia tahun ini untuk menjadi contoh atau modelling bagi negara-negara berkembang lainnya.

“Semua ini terjadi dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun, dan tentu ekosistem ini akan terus berkembang, serta memberikan nilai dan manfaat yang lebih besar bagi angkatan kerja di Indonesia,” ujar Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja migran kartu prakerja
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top