Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Ruas Tol Dalam Kota yang Mengalami Kenaikan Tarif Rp500

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR akan memberlakukan tarif baru di sejumlah ruas tol dalam kota. Ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif adalah Tol Cawang–Tomang–Pluit, dan Cawang–Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga/Pluit.
Ilustrasi./Istimewa
Ilustrasi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR akan memberlakukan tarif baru di sejumlah ruas tol dalam kota. Ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif adalah Tol Cawang–Tomang–Pluit, dan Cawang–Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga/Pluit.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, kenaikan tarif tol dalam kota sudah ditetapkan sebesar Rp500 per kendaraan.

“Penyesuaian tarif ini merupakan penyesuaian tarif reguler yang besarannya menyesuaikan laju inflasi selama 2 tahun terakhir, yaitu sebesar 3,03 persen. Besaran penyesuaian tarif adalah Rp500 untuk semua golongan,” ujar Heru dalam pesan singkat kepada Bisnis, Rabu (9/2/2022).

Nantinya, tarif tol untuk golongan 1 yang tadinya sebesar Rp10.000 menjadi Rp10.500.

Kenaikan tarif juga dilakukan berdasarkan amanat UU Nomor 38/2004 tentang Jalan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 15/2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 43/2013 mengenai evaluasi dan penyesuaian tarif tol yang dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Penghitungan tarif tol sendiri disesuaikan dengan pengaruh inflasi, sesuai dengan formula. Penyesuaian tarif juga dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi.

Selain itu, penyesuaian tarif juga juga dilakukan untuk menjaga kepercayaan investor, dan membangun. iklim investasi jalan tol yang kondusif.

Adapun, penyesuaian tarif Tol Dalam Kota diberlakukan pada 31 Januari 2020 atau dua tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper