Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dibangun Astra Land Indonesia, Tebet Eco Park Segera Diresmikan Anies Baswedan

PT Astra Land Indonesia melalui anak perusahaannya PT Award Global Infinity segera merampungkan Tebet Eco Park. Proyek yang berada di bawah pengawasan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta itu sudah mencapai tahap akhir.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 08 Februari 2022  |  16:37 WIB
Tebet Eco Park. - Astra Land Indonesia
Tebet Eco Park. - Astra Land Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra Land Indonesia melalui anak perusahaannya PT Award Global Infinity segera merampungkan Tebet Eco Park. Proyek yang berada di bawah pengawasan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta itu sudah mencapai tahap akhir.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan bahwa revitalisasi Taman Tebet menjadi Tebet Eco Park berjalan sesuai target, dan diperkirakan selesai pada akhir Februari 2022. Rencananya, proyek itu akan diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian. Rencananya dapat dibuka untuk umum pada Maret 2022,” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (8/2/2022).

Tebet Eco Park sendiri merupakan kewajiban PT Award Global Infinity yang merupakan anak perusahaan dari Astra Land Indonesia sebagai pengembang di Jakarta.

Berdiri di atas lahan seluas 7 hektare, Tebet Eco Park terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan. Pada sisi selatan taman terdapat kebun bibit existing yang dikembangkan menjadi zona wetland boardwalk, community garden, forrest buffer dan swamp playground.

Wetland boardwalk sendiri memiliki fungsi untuk membantu menahan laju air dan meningkatkan retensi air.

Sementara itu, di bagian utara taman terdapat TEP plaza, thematic garden, dan community lawn. TEP plaza berfungsi sebagai area drop-off atau penerima kunjungan yang dilengkapi dengan bangunan pavilion, amphitheatre, fasilitas parkir, dan UMKM.

Untuk memberikan kemudahan akses, Tebet Eco Park juga dilengkapi dengan infinity link bridge untuk menyatukan Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang terpisah oleh Jalan Tebet Raya.

“Secara landscape, Tebet Eco Park memiliki dua sisi, utara dan selatan yang akan dihubungkan dengan jembatan merah-oranye yang melingkar membentuk simbol infinity. Hal unik yang menjadi trademark Tebet Eco Park adalah keberadaan pohon Leda yang memiliki beragam warna pada batang pohonnya,” kata Presiden Direktur Astra Land Indonesia Wibowo Muljono.

Program revitalisasi Taman Kota Tebet sendiri termasuk naturalisasi sungai di sepanjang taman, dengan pelebaran dan perubahan profil sungai agar bisa menampung air hujan lebih banyak di bagian flood way dan flood plain-nya, serta dapat memperbaiki kualitas air dengan pendekatan bio-engineering pada bagian embankment sungai, dan mengembalikan habitat sungai.

Mengusung konsep eco park, Tebet Eco Park diharapkan dapat menjadi ekosistem yang berperan dalam menjaga kualitas alamiah dari kawasan, serta memicu terjadinya kegiatan-kegiatan masyarakat, sambil secara konsisten menggerakkan warga untuk terus terkoneksi dan belajar dari alam.

Wibowo menjelaskan, kehadiran Tebet Eco Park diharapkan mampu menjadi oasis di tengah hingar-bingar kehidupan perkotaan, dan mampu mengubah ruang-ruang pasif di antara pepohonan sebagai bagian dari detak kehidupan kota yang selalu riang dan aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan tebet astra land
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top