Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Pindahkan 2 Lintasan Kapal Feri Demi MotoGP Mandalika

Kemenhub memindahkan 2 lintasan kapal feri untuk menyambut penyelenggaraan MotoGP Mandalika.
Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat./Antara-Ahmad Suhaidi
Pelabuhan Lembar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat./Antara-Ahmad Suhaidi

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah berencana memindahkan sebanyak 6 unit kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo jelang penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan peningkatan layanan angkutan penyeberangan menuju Lembar dan Kupang makin diminati.

Berdasarkan hasil rapat dengan instansi dan pemangku kepentingan terkait, rencananya akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu simpul transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang.

Lebih lanjut, Dirjen Budi mengatakan dengan adanya pemindahan tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Namun, pemerintah berupaya untuk meningkatkan dari berbagai aspek termasuk aspek keamanan saat penumpang menunggu serta aspek kenyamanan.

Budi juga menjelaskan alasan mendukung Pemerintah Daerah untuk memindahkan lintasan tersebut dengan melihat sisi positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya. Selain itu juga menghemat waktu perjalanan selama 2 jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan pada saat perjalanan.

Secara teknis maupun kondisi eksisting, sebutnya, Pelabuhan Jangkar ini sudah cukup bagus, pemerintah daerah juga akan menambah Buffer Zone.

"Dengan adanya rencana tersebut, bagi masyarakat yang berada di sekitar Probolinggo, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Jember nantinya juga dapat menggunakan layanan tersebut untuk menyemarakkan acara Moto GP pada Maret mendatang," ujarnya melalui siaran pers, Minggu (6/2/2022).

Seperti diketahui, saat ini, Pelabuhan Jangkar saat ini melayani operasional keperintisan meliputi 4 lintasan dengan 3 unit kapal di antaranya KMP. Munggiyango Hulalo rute Jangkar-Kangean dan rute Jangkar-Kalianget, KMP. Satya Kencana rute P.Sapudi-Jangkar, dan KMP. Dharma Kartika rute Raas-Jangkar.

Senada, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan siap untuk melayani trayek baru yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang di mana nantinya para sopir tidak perlu bersusah-payah melalui tanjakan yang cukup tinggi sebab melalui Pelabuhan Jangkar ini perjalanan menuju Lembar maupun Kupang menjadi lebih cepat, aman, dan selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper