Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Siasat Bandara Kertajati Biar Tidak Sepi Penumpang

PT Bandara Internasional Jawa Barat menyusun strategi agar Bandara Kertajati tidak lagi sepi penumpang pada tahun ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 Februari 2022  |  19:17 WIB
Ini Siasat Bandara Kertajati Biar Tidak Sepi Penumpang
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) telah menyusun sejumlah strategi yang bakal terealisasikan pada Semester II/2022 dalam menyiasati nihilnya penumpang Bandara Kertajati.

Terlebih saat ini Bandara berkode KJT tersebut terdampak signifikan oleh pengalihan operasi pesawat jet ke Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat.

VP of Commercial & Technical BIJB Ari Widodo mengatakan saat ini operator bandara telah beralih ke pasar baru yang tidak mengandalkan penumpang. Perseroan pun tengah menyiapkan sejumlah fasilitas yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum atau di luar penumpang pesawat.

Salah satunya, kata dia, dengan menciptakan pusat kuliner bagi masyarakat umum yang diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk meramaikan bandara. Fasilitas belanja ini, lanjutnya, tidak berada di dalam terminal penumpang tetapi di luar terminal dna terpisah dari fasilitas lainnya.

“Ekshibisi ini kami letakkan di luar terminal. Kami rencanakan mulai dibangun pada Maret 2022. Kami butuh persiapan sarana yang kami bangun dulu. Kemudian baru bisa dinikmati pengunjung umum pada Agustus 2022,” ujarnya, Minggu (6/2/2022).

Strategi lainnya, sebutnya, yang juga sedang dimatangkan adalah dengan membangun area peristirahatan atau rest area di bandara. Pembangunan fasilitas ini dengan mempertimbangkan potensi lokasi bandara ini yang dekat dengan pintu keluar tol Cipali.

“Exit tol bandara ke Cipali sangat dekat. Keluar langsung masuk ke bandara dan dalam pintu yang sama. Tempatnya paralel berjajar di gerbang yang sama. Ini potensi yang ingin digadang untuk menarik pengunjung non penumpang,” terangnya.

Ari mengharapkan masyarakat yang lewat tol tersebut juga bisa mampir ke lokasi rest area. Dia menghendaki adanya fasilitas pusat oleh-oleh. Dia memperkirakan rencana ini dapat terealisasikan pada September 2022.

Di sisi lain, saat ini pemerinta tengah mendorong agar bandara yang terletak di Subang, Jawa Barat tersebut dapat menjadi pusat perawatan pesawat alias bengkel pesawat (Maintenance Repair and Overhaul/MRO).

Secara keseluruhan, dia menilai pada tahun ini akan menjadi titik balik bagi pemulihan industri peneerbangan. Dia bahkan yakin bisa merealisasikan target-target yang telah disusun pada tahun ini.
Meskipun masih dihadapkan kepada tantangan penyebaran omicron tetapi dia menilai pemerintah sudah lebih siap dalam mengatisipasinya. Selain itu, dia juga telah melihat geliat pelaku bisnis yang mulai mendorong pertumbuhan ekonomu.

“Kami juga yakin target yang kami canangkan tahun ini bisa tercapai dengan dukungan pemerintah juga. Kami sangat optimistis pada 2022 ini,” tekannya.

BIJB pun memperkirakan dapat kembali melayani penumpang pesawat setelah jalan tol Cisumdawu beroperasi penuh pada Juni 2022. Saat ini layanan penerbangan pesawat jet di bandara Kertajati masih dialihkan di Bandara Hussein Sastranegara di Bandung.

Namun, lanjutnya, ada kemungkinan bandara KJT dapat kembali melayani pesawat jet setelah aksel tol Cisumdawu rampung pada pertengahan tahun ini.

"Kemungkinan pemerintah akan memindahkann kembali penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Kertajati menunggu akses tol Cisumdawu beroperasi Juni 2022," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati bijb
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top