Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 3 Prioritas Kadin dalam Presidensi B20 Indonesia Summit 2022

Kadin menyebutkan 3 prioritas utama dalam Presidensi B20 Indonesia Summit 2022.
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid/Kadin.id
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid/Kadin.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah menyiapkan program prioritas dalam Presidensi B20 Indonesia Summit 2022 yang diklaim sejalan dengan tema G20.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menjelaskan tema prioritas yang ingin dicapai Kadin dalam gelaran B20 yaitu Kemajuan Inovatif, Inklusif dan Pertumbuhan Kolaboratif.

"Untuk memastikan keselarasan program kerja B20 terhadap G20, Kadin akan mengusung tiga prioritas utama yaitu Global Health Architecture, Digital Transformation dan Energi Transition," kata Arsjad dalam acara B20 Inception Meeting di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Dia menyebut, saat ini dunia masih dihadapkan pada banyak tantangan terkait pandemi Covid-19 dan masalah lainnya seperti tantangan rantai pasok dan logistik serta kesetaraan dalam bidang ketenagakerjaan yang membutuhkan kolaborasi erat antara pemangku kepentingan.

Arsjad telah menyiapkan 17 program untuk lima tahun ke depan yang fokus pada empat prioritas utama yaitu pertama, memulihkan kesehatan dan meningkatkan infrastruktur kesehatan nasional.

Kedua, meningkatkan ekonomi nasional dan daerah. Ketiga, mendorong kewirausahaan dan membangun kapabilitas, serta keempat memperkuat internal organisasi dan regulasi.

"Pertumbuhan ekonomi global sangat penting bagi pemulihan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Demikian pula sebaliknya, sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan negara dengan populasi terbanyak keempat di dunia, kami sangat yakin pemulihan ekonomi Indonesia akan berimbas positif ke seluruh dunia," imbuh Arsjad.

Lebih lanjut dia berharap, sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara pelaku bisnis Indonesia dengan masyarakat nasional dan internasional, Kadin bisa mendorong dunia usaha untuk menggunakan forum B20 ini untuk saling berbagi informasi dan teknologi, mengembangkan solusi yang produktif dan inovatif serta meningkatkan kerja sama baik di segala tingkatan.

B20 yang dicita-citakan oleh Kadin, sambungnya, tidak hanya ditujukan untuk kepentingan sekelompok pemimpin bisnis global. Namun acara ini juga ditujukan untuk seluruh warga dunia khususnya UMKM agar dapat ikut serta dalam perjalanan B20 dan merasakan manfaat positif dari kerja sama ini.

"Untuk itu Kadin mendorong seluruh anggota B20 dan masyarakat secara luas untuk turut berpartisipasi aktif mengambil tindakan nyata dan berkolaborasi memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi negara-negara G20," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper