Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akses Jakarta Internasional Stadium Bakal Dijangkau dengan KRL hingga LRT

Rencananya, bus Transjakarta rute JIS-Senen tersebut diuji coba pada tahun ini. Sementara untuk akses LRT, akan ada stasiun LRT lanjutan dari trase Kelapa Gading Velodrome serta jalur baru dari Velodrome menuju JIS.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Januari 2022  |  19:07 WIB
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (9/12/2021).  - Antara
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (9/12/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS) di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara bakal terintegrasi dengan tiga transportasi massal.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan ketiga moda transportasi tersebut adalah kereta rel listrik (KRL), Transjakarta, dan lintas raya terpadu (LRT). Secara rinci, sebutnya, akan ada bus Transjakarta di koridor 14 yang menuju ke JIS.

Rencananya, bus Transjakarta rute JIS-Senen tersebut diuji coba pada tahun ini. Sementara untuk akses LRT, akan ada stasiun LRT lanjutan dari trase Kelapa Gading Velodrome serta jalur baru dari Velodrome menuju JIS.

“Trase Kelapa Gading hingga ke JIS,sudah mendapat persetujuan dari Menteri Perhubungan dan penetapan trase dari Gubernur DKI Jakarta,” ujarnya dikutip, Senin (23/1/2022).

Akses transportasi massal lainnya yakni stasiun KRL akan dibangun di sisi timur dan sisi barat sekitar JIS. Terkait dengan stasiun KRL baru ini, Syafrin mengatakan pemprov DKI bersama Kemenhub tengah membahas studi kelayakan dan detail engineering design (DED).

Untuk jangka pendek agar bisa melayani pengguna yang menuju ke stadion akan dilakukan pembangunan shelter KRL di sisi barat JIS. Saat ini, progres pembangunan JIS telah mencapai sekitar 95% pada pertengahan Januari ini. Stadion yang digadang-gadang sebagai stadion termegah di Indonesia ini mampu menampung 82.000 penonton.

“Kawasan JIS akan terintegrasi dengan tiga moda angkutan umum massal,” tekannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi Jakarta International Stadium
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top