Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha Sebut Larangan Ekspor Batu Bara Belum Dicabut

Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) membantah pernyataan yang menyebut bahwa aturan larangan ekspor batu bara telah dicabut oleh pemerintah. Pasalnya, hingga saat ini batu bara dari Indonesia masih belum dapat dikirim ke luar negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  17:11 WIB
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO - Nova Wahyudi
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO - Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) membantah pernyataan yang menyebut bahwa aturan larangan ekspor batu bara telah dicabut oleh pemerintah. Pasalnya, hingga saat ini batu bara dari Indonesia masih belum dapat dikirim ke luar negeri.

Sekretaris Jenderal APBI Haryanto Damanik menampik pernyataan pemerintah terkait pencabutan larangan ekspor bagi perusahaan-perusahaan tambang yang telah memenuhi domestic market obligation (DMO).

Menurutnya, kapal-kapal yang telah mengirimkan batu bara ke luar negeri adalah kapal yang telah dimuat sebelumnya.

“Sampai dengan hari ini, ekspor batu bara masih ditutup. Jadi kami belum bisa ekspor sampai sekarang sejak 1 Januari 2022. Jadi kalau informasi di media itu tidak benar, dibuka, dilepas beberapa kapal yang sudah complete loading, tapi sisa ekspornya belum dibuka,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi VI DPR, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya, menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa ketika pemenuhan DMO untuk di dalam negeri telah dipenuhi, maka perusahan-perusahan batu bara dapat melaksanakan kembali kegiatan ekspornya.

“Ini banyak juga perusahaan-perusahaan yang belum, dan sekarang masih dikerjakan mekanismenya,” katanya saat konferensi pers pada Selasa (18/1/2022).

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, pihaknya telah mencatat sejumlah perusahaan telah melakukan pengiriman batu bara ke luar negeri.

Sampai dengan Selasa 18 Januari 2022 pagi, setidaknya ada 29 perusahaan yang mulai mengirimkan batu bara ke luar negeri.

“Sampai dengan hari ini [Selasa] dirilis 48 kapal dengan total 29 perusahaan rekap sampai dengan 18 Januari 2022 pagi,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbi kementerian esdm ekspor batu bara
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top