Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Kenaikan Tarif KRL, dari Kemenhub Sudah Pasti?

Pemerintah berencana menaikan tarif KRL menjadi Rp5.000 untuk 25 km pertama. Saat ini tarif yang berlaku sebesar Rp3.000.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 13 Januari 2022  |  21:55 WIB
KRL Commuter Line melintas di jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta, Minggu (26/9/2021).  - Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso
KRL Commuter Line melintas di jalur layang (elevated track) Stasiun Manggarai, Jakarta, Minggu (26/9/2021). - Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk memberlakukan tarif baru layanan kereta rel listrik (KRL).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan saat ini pihaknya melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian belum memutuskan kenaikan tarif KRL tersebut.

"Penyesuaian tarif tersebut masih dalam pengkajian. Pemerintah masih mengkaji kapan waktu yang tepat untuk penyesuaian ini mempertimbangkan situasi yang ada," ujar Adita, Kamis (13/1/2022).

Dia menyebut, saat ini tarif KRL masih merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 17/2018. Yakni sebesar Rp3.000 untuk 25 km pertama. Sementara 10 km selanjutnya dikenakan penambahanan biaya Rp1.000.

Namun begitu, Adita mengakui bahwa sejauh ini memang ada wacana untuk menaikkan tarif KRL. Hal ini didasari oleh beberapa pertimbangan seperti pelayanan yang diberikan pemerintah dengan pemberian subsidi atau pun pembangunan prasarana dan sarana kereta api sudah semakin baik.

"Misalnya, berkurangnya waktu tempuh dan waktu antrean masuk ke Stasiun Manggarai, yang sebelumnya memang cukup menghambat. Pembangunan rel dwiganda, revitaliasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, Stasiun Bekasi, dan sebagainya juga telah memberi kemudahan, keamanan dan kenyamanan kepada konsumen KRL," sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, langkah-langkah perbaikan juga kian gencar dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter selaku operator KRL dalam lima tahun terakhir. Di antaranya peningkatan layanan yang tidak kalah bagus seperti system ticketing, pelayanan di stasiun dan juga di atas kereta.

"Selain itu, yang juga perlu digarisbawahi, selama enam tahun yakni sejak 2015, pemerintah belum pernah melakukan penyesuaian tarif KRL, satu kali pun," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi kementerian perhubungan krl krl jabodetabek
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top