Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Tol Gedebage-Cilacap Terpanjang di RI Telan Dana Rp56 Triliun

Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memenangkan tender pengusahaan jalan tol ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci dengan nilai investasi Rp56,2 triliun.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  08:17 WIB
Tol Gedebage. - JIBI
Tol Gedebage. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana konstruksi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap mendapatkan kepastian pada awal tahun ini seiring dengan kemenangan konsorsium Jasa Marga dalam tender pembangunan.

"Berdasarkan Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor PB.02.01-Mn/2170 tanggal 10 Desember 2021, Konsorsium Jasa Marga dinyatakan sebagai pemenang pelelangan investasi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, sepanjang 206,65 Km," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam siaran pers, Kamis (6/1/2022). 

Konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memenangkan tender pengusahaan jalan tol ruas Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau Getaci dengan nilai investasi Rp56,2 triliun.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini memiliki nilai investasi Rp56,2 triliun dengan masa konsesi 40 tahun. Tarif tol awal golongan I tahun 2024 ditetapkan Rp2.025 per kilometer sebagai parameter yang dikompetisikan.

Menurut informasi yang tercatat pada laman resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya - Cilacap akan memiliki 10 simpang susun. Jika dirinci, 10 simpang susun itu mencakup SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan SS Cilacap.

Rencananya jalan tol yang akan menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini akan memiliki 2 jalur dengan masing-masing 2 lajur dan akan beroperasi pada 2024.

Adapun, rute Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya sekitar 95,2 km, sedangkan tahap kedua adalah ruas Tol Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 111 km. Ruas tol kedua akan melewati Ciamis, Banjar, dan Cilacap.

Proyek ruas tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap merupakan perluasan dari ruas tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya (Cigatas). Total panjang keseluruhan ruas tol adalah 206,65 kilometer

Dengan kata lain, proyek ini akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Saat ini, jalan tol terpanjang disandang oleh Terbanggi Besar—Pematang Panggang—Kayu Agung sepanjang 189 kilometer yang beroperasi sejak 2019.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol gedebage-tasikmalaya-cilacap
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top