Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2021: Pengangkatan Joe Biden hingga Kapal Nyangkut di Terusan Suez

Simak kaleidoskop 2021 terkait berita ekonomi global. Mulai dari pengangkatan Joe Biden sebagai Presiden AS hingga kapal Evergreen nyangkut di Terusan Suez, Mesir.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun kedua pandemi Covid-19, khususnya pada 3 bulan pertama pandemi telah merangkum banyak selebrasi hingga insiden memiliki bagi dunia global.

Pertumbuhan ekonomi yang diharapkan mulai pulih masih dihadapkan dengan lonjakan kasus Covid-19 dan kondisi politik yang tidak stabil. Berikut adalah deretan peristiwa penting yang terjadi sepanjang Januari - Maret 2021.

Januari

6 Januari

Insiden kerusuhan berdarah terjadi di gedung Kongres AS, Capitol di Washington D.C., saat pendukung Presiden Donald Trump menyerbu untuk menyuarakan protes hasil pemilihan umum. Sebanyak lima orang tewas akibat luka tembakan, termasuk seorang petugas kepolisian.

20 Januari

Presiden AS Joe Biden dilantik sebagai presiden AS. Biden menjadi presiden AS tertua yang mulai tugasnya dengan usia 78 tahun. Presiden dari Demokrat ini dilantik dengan perayaan yang sunyi karena dilakukan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Februari

2 Februari

Space Exploration Technologies Corp., (SpaceX) milik orang paling tajir di dunia, Elon Musk mengumumkan rencana penerbangan luar angkasa untuk sipil perdana pada akhir 2021.

4 Februari

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin melakukan kunjungan ke Jakarta selama 2 hari. PM yang mengumumkan pengunduran dirinya pada Agustus 2021 ini membahas beberapa masalah dengan Presiden Joko Widodo seperti diskriminasi produk kelapa sawit, isu kemanusiaan etnis Rohingya, Laut China Selatan, dan seputar Asean.

9 Februari

Sebuah investigasi gabungan antara WHO dan China dilakukan di lokasi yang diduga menjadi tempat penyebaran pertama virus corona di Wuhan. Namun, hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa kebocoran laboratorium tidak memungkinkan terjadi, dan reservoir alami pada kelelawar menjadi asal virus yang lebih mungkin.

28 Februari

Junta militer Myanmar memecat perwakilan PBB di New York, Kyaw Moe Tun setelah mengungkapkan kritikan kudeta dan membela Aung San Suu Kyi.

Maret

11 Maret

Negara G7 menuntut China agar menghormati komitmen Hong Kong dan mengakhiri tekanan terhadap aktivis demokrasi setelah Beijing meloloskan UU reformasi yang memojokkan Hong Kong tetap berada di bawah kendali China.

23 Maret

Pelayaran global mengalami gangguan setelah kapal kontainer Ever Given yang memiliki berat 220.000 ton dan panjang 400 meter kandas di dekat ujung selatan Terusan Suez, Mesir pada pagi hari, Selasa (23/3/2021).

24 Maret

AIA Group Ltd., menyepakati akuisisi unit asuransi jiwa bank swasta terbesar Hong Kong, Bank of East Asia Ltd., senilai 5,07 miliar dolar Hong Kong (US$ 650 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper