Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASDP: Jumlah Penumpang di Pelabuhan Merak Cenderung Landai saat Nataru

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Persero) atau ASDP Cabang Merak mengatakan bahwa puncak arus libur Natal 2021 terjadi pada hari ini, Jumat 24 Desember 2021.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  17:41 WIB
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019) - Bisnis/David Eka Issetiabudi
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019) - Bisnis/David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Persero) atau ASDP Cabang Merak mengatakan bahwa puncak arus libur Natal 2021 terjadi pada hari ini, Jumat 24 Desember 2021.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy menjelaskan, terjadi kenaikan jumlah penumpang sehari sebelum Natal tahun ini sebesar 10 persen dari hari biasa.

Dia menjelaskan, lalu lintas menuju Pelabuhan Merak pun terbilang landai hingga 24 Desember 2021 petang.

“Kami inginnya ada kenaikan [jumlah penumpang], namun masih landai sampai saat ini,” ujarnya, Jumat (24/12/2021).

Hasan menuturkan, pada hari normal kendaraan yang menyeberang mencapai 5.216 unit. Sementara itu, jumlah penumpang bisa sebanyak 19.618 orang. Kata dia, lonjakan jumlah penumpang biasanya terjadi pada H-2 Natal.

Meski kondisi cuaca di Pelabuhan Merak saat ini cenderung baik, kata dia, pihaknya tetap melakukan antisipasi perubahan cuaca dan terus melakukan update dari BMKG secara realtime.

“Ketika ada cuaca yang kurang bersahabat, otomatis kami sampaikan ke seluruh nahkoda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Banten Barlet Silalahi mengatakan bahwa pihaknya hanya membantu agar pengaturan penumpang saat Nataru berjalan baik, karena saat ini kewenangan kesyahbandaran di Pelabuhan Merak telah dilimpahkan kepada BPTD Wilayah VIII Banten.

“Kami KSOP hanya membantu agar Nataru ini berjalan sukses. Meskipun saat ini [kewenangan syahbandar] kapal penumpang di bawah BPTD. BPTD sebagai regulator dan ASDP sebagai operator,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp pelabuhan merak
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top