Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, 938.141 Kendaraan Meninggalkan Jabotabek

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,8 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 dengan total 870.371 kendaraan. 
Kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021). /Antara
Kendaraan melintas di ruas tol Tangerang-Merak di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (2/12/2021). /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat 938.141 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek jelang libur Natal dan tahun baru 2022. Ribuan kendaran itu tercatat meninggalkan Ibu Kota dan sekitarnya pada 17–21 Desember 2021 atau H-8 sampai H-3 perayaan Natal. 

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol Barrier/Utama," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Dwimawan menjelaskan total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 7,8 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 dengan total 870.371 kendaraan. 

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah, Dwimawan menjabarkan mayoritas sebanyak 432.320 atau 46,1 persen kendaraan menuju arah Timur atau ke Jawa dan Bandung, 288.658 atau 30,8 persen kendaraan menuju menuju arah Barat atau ke Merak, dan 217.163 atau 23,1 persen kendaraan menuju arah Selatan ke Puncak. 

 Adapun rincian distribusi lalu lintas dari empat gerbang Tol Utama sebagai berikut:

Arah timur

Lalu Lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 223.758 kendaraan, naik sebesar 14,3 persen dari lalu lintas normal.
Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 208.652 kendaraan, naik sebesar 10,3 persen dari lalu lintas normal.
Total lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua Gerbang Tol tersebut adalah sebanyak 432.320 kendaraan, naik sebesar 12,4 persen dari lalu lintas normal.

Arah barat

Lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui Gerbang Tol Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 288.658 kendaraan, naik 1,1 persen dari lalu lintas normal.

Arah selatan

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui Gerbang Tol Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 217.163 kendaraan, naik sebesar 8,5 persen dari lalu lintas normal.
Dwimawan meminta masyarakat yang berpergian di momen libur Natal dan tahun baru ini untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper