Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Kilang Balongan Fase 1 Capai 64,75 Persen

Tim project Balongan PT KPI melakukan sejumlah strategi seperti percepatan engineering untuk peralatan yang termasuk ke dalam LLI, termasuk peralatan-peralatan inti dalam RDMP Balongan termasuk Preflash Column dan Preflash Condenser Drum.
Pemancangan Perdana RDMP RU VI Balongan fase I. /Pertamina
Pemancangan Perdana RDMP RU VI Balongan fase I. /Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek refinery development master plan (RDMP) Balongan fase 1 telah berhasil melakukan pemasangan preflash column yang merupakan salah satu peralatan inti yang digunakan dalam peningkatan kualitas kilang.

General Manager Project Balongan PT Kilang Pertamina Internasional Nugroho menjelaskan pemasangan preflash column menjadi capaian penting dalam RDMP Balongan Fase 1 yang akan meningkatkan kapasitas pengolahan Kilang Balongan dari 125.000 barrel per hari menjadi 150.000 barel per hari.

“Tahapan pemasangan preflash column dengan tag 11-C-106  on track, sesuai target. Setelah tiba pada akhir November 2021, tim RDMP Balongan gerak cepat melakukan dress up dan insulation sampai tanggal 14 Desember 2021. Sehingga, pada tanggal 15 Desember 2021, Preflash Column sukses terpasang,” katanya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (23/12/2021).

Nugroho menjelaskan bahwa guna percepatan RDMP Balongan, tim project Balongan PT KPI melakukan sejumlah strategi seperti percepatan engineering untuk peralatan yang termasuk ke dalam LLI, termasuk peralatan-peralatan inti dalam RDMP Balongan termasuk Preflash Column dan Preflash Condenser Drum.

Untuk menjaga proyek berjalan tepat waktu, tim project Balongan KPI juga melakukan negosiasi intensif dengan mitra untuk memastikan delivery time yang tepat waktu. Strategi kedua adalah monitoring. Contohnya, tim project Balongan PT KPI melakukan pengawasan secara intensif untuk material yang berpotensi mengalami keterlambatan proses manufaktur.

Guna mendukung target on stream RDMP Balongan Fase 1 pada tahun 2022, tim project Balongan PT KPI telah menyusun sejumlah milestones yang akan diselesaikan selanjutnya.

“Setelah pemasangan preflash column, tim kami akan gerak cepat melakukan TA Mechanical serta commissioning dan start up,” ungkapnya.

Corporate Secretary KPI Ifki Sukarya menyatakan bahwa strategi akselerasi yang dilakukan KPI sejalan dengan tujuan dibangunnya Proyek RDMP Balongan.

Tujuan lainnya yakni meningkatkan kompleksitas kilang dengan menambah unit konversi demi menghasilkan lebih banyak produk bernilai tinggi. Proyek RDMP diharapkan dapat meningkatkan fleksibilitas pengolahan crude (minyak mentah) agar mampu mengolah crude yang lebih sour. Adapun produk-produk yang dihasilkan dari RDMP Balongan antara lain Solar, Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

“Proyek RDMP Balongan memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan Kilang Balongan dari 125.000 barel per hari menjadi 150.000 barel per hari dan meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi standard Euro V yang lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper