Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IKM Tumbuh 4,37 persen, Didominasi Industri Mamin

Pertumbuhan IKM diproyeksi ekspansif sepanjang tahun ini dan tahun depan, dengan mamin tetap menjadi salah satu kontributor utama.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  21:10 WIB
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2 - 2019).
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian mencatat sektor makanan dan minuman (mamin) mendominasi pertumbuhan industri kecil menengah (IKM) pada kuartal III/2021.

Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan pertumbuhan output IKM pada kuartal ketiga tahun ini tercatat 4,37 persen.

"IKM pada triwulan tiga tahun ini mengalami pertumbuhan positif 4,37 persen, walaupun agak melambat, dengan dominasi industri makanan minuman," kata Reni saat membuka Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBI) 2021, Kamis (9/12/2021).

Meski tidak menyebut angka spesifik, pertumbuhan IKM diproyeksi tetap pada level ekspansif sepanjang tahun ini dan tahun depan, dengan mamin tetap menjadi salah satu kontributor utama.

Reni melanjutkan, pertumbuhan positif pada sektor-sektor IKM perlu didukung dengan penyediaan permesinan yang memadai. Festival BMBI yang digelar untuk kedua kalinya pada tahun ini, bertujuan untuk menjadi platform yang mempertemukan konsumen dunia usaha dan produsen mesin industri dalam negeri, khususnya yang masuk kategori IKM.

Virtual hub ini menampung IKM permesinan dengan 7 kategori produk, yaitu pengolahan makanan dan minuman, industri lainnya, kesehatan, elektronik atau kelistrikan, teknologi tinggi, pertanian dan perikanan, dan alat transportasi.

"Dengan hadirnya festival ini, diharapkan IKM peralatan atau permesinan Indonesia memasuki tren bisnis digital yang berdampak pada perluasan pemasaran dan jaringan IKM melalui teknologi digital," tambahnya.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kemenperin Dini Hanggandari menambahkan festival ini diikuti 45 IKM permesinan, terdiri atas 15 IKM mesin pertanian, 8 mesin teknologi tinggi, 2 alat transportasi, 5 alat kesehatan, 11 industri lainnya, dan 4 pengolahan makanan dan minuman.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur ikm industri mamin
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top