Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan ADB Borong Saham Cimory Hingga Miliaran Rupiah

ADB dan Cimory dapat bekerja sama untuk meningkatkan penghidupan peternak dan kesejahteraan pedesaan, mendorong inklusi gender.
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.
Produk susu PT Cisarua Mountain Diary Tbk. atau Cimory.

Bisnis.com, JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) berpartisipasi dalam pemesanan 19,4 juta saham senilai Rp59,9 miliar (US$4,2 juta), sebagai bagian dari penawaran saham perdana (IPO) PT Cisarua Mountain Dairy Tbk., (Cimory) di Bursa Efek Indonesia.

Spesialis Investasi Operasi Sektor Swasta ADB Carine Sophie Donges mengatakan ketergantungan Indonesia terhadap impor susu cukup besar mengingat produksi di dalam negeri belum dapat memenuhi permintaan domestik.

“Melalui investasi ini, ADB dan Cimory dapat bekerja sama untuk meningkatkan penghidupan peternak dan kesejahteraan pedesaan, mendorong inklusi gender, serta berkontribusi bagi ketahanan pangan," kata Donges seperti dikutip dari siaran pers pada Senin (6/12/2021).

Dana dari ADB ini akan mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produk susunya, memperluas akses ke makanan bergizi, serta mendukung penghidupan para pelaku usaha di sepanjang rantai nilai susu, termasuk peternak kecil.

Cimory, yang mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Desember 2021, berhasil menggalang Rp3,67 triliun atau US$255 juta melalui penawaran saham yang mewakili 15 persen modal disetor perusahaan.

Cimory adalah perusahaan induk Cimory Group, produsen dan distributor terkemuka produk susu (terutama yogurt dan susu) serta produk pangan konsumen (daging olahan dan produk berbahan dasar telur) dengan merek-merek yang sudah terkenal di Indonesia.

“Kami memiliki hubungan kuat dengan ADB yang telah memberi pinjaman pada Cimory di awal pandemi tahun lalu, dan kami berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan ADB," kata Presiden Direktur Cimory Farell Sutantio.

Cimory berencana menggunakan hasil IPO untuk membiayai pertumbuhan organik Cimory Group, dengan meningkatkan kapasitas produksi dan distribusinya hingga 2024.

ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem. ADB didirikan pada 1966 dengan jumlah anggota sebanyak 68 negara dan 49 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper