Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN, Erick Thohir Minta Inovasi Transisi Energi

Mneteri BUMN Erick Thohir berpesan kepada Darmawan selaku Direktur Utama PLN yang baru, untuk melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan dapat terus ditingkatkan.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) berdasarkan hasil RUPS, Senin (6/12/2021).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) berdasarkan hasil RUPS, Senin (6/12/2021).

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) berdasarkan hasil RUPS, Senin (6/12/2021). Dia diminta melakukan terobosan dalam transisi energi.

Jabatan itu diberikan kepada Darmawan untuk mengganti posisi yang ditinggalkan Zulkifli Zaini. Nama terakhir telah menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak 2019.

Keputusan ini diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021. Surat Keputusan RUPS disampaikan oleh Menteri BUMN di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Acara ini dihadiri oleh Menteri dan Wakil Menteri 1 BUMN, Deputi Kementerian BUMN, jajaran Komisaris PLN dan seluruh Direksi PLN.

Dalam sambutannya, Erick berpesan kepada Darmawan selaku Direktur Utama PLN yang baru, untuk melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan dapat terus ditingkatkan.

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, tantangan transformasi PLN ke depan tidak hanya terbatas pada perbaikan finansial PLN. Perusahaan juga akan dihadapkan pada penggunaan energi yang lebih hijau, digitalisasi, servis kepada masyarakat serta penerapan ecolifestyle.

“PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi trend baru seperti ekosistem kendaraan listrik dan berkolaborasi terkait electrifying lifestyle dengan pihak-pihak lain," terangnya.

Di sisi lain, Zulkifli Zaini dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan seluruh pihak selama menjabat sebagai Direktur Utama PLN.

“Terima kasih atas amanahnya kepada saya menjadi Dirut PLN, BUMN dengan aset 1600 triliun rupiah. Dukungan dari Menteri dan Wamen BUMN, Dewan Komisaris, dan stakeholder lain yang luar biasa untuk mengatasi tantangan dalam menerangi negeri dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Zulkifli.

Kabar Zulkifli Zaini bakal diganti mulai berhembus sejak beberapa pekan terakhir. Kabar ini kian hangat setelah Presiden Joko Widodo mengkritik PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) pada 21 November lalu.

Berikut susunan Direksi PLN yang baru hasil RUPS.

Susunan Direksi PLN

  1. Direktur Utama: Darmawan Prasodjo
  2. Direktur Perencanaan Korporat: Evy Haryadi
  3. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan: Bob Saril
  4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Sinthya Roesly
  5. Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia: Syofvi Felienty Roekman
  6. Direktur Energi Primer: Rudy Hendra Prastowo
  7. Direktur Mega Proyek dan EBT: Wiluyo Kusdwiharto
  8. Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan: Muhammad Ikbal Nur
  9. Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali: Haryanto WS
  10. Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara: Syamsul Huda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper