Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Bahlil Sebut Investasi Besar Belum Tentu Beri Multiplier Effect

Adapun, target investasi tahun ini adalah Rp900 triliun. Pada periode Januari-September 2021, realisasi investasi sudah mencapai 73,3 persen atau setara dengan Rp659,4 triliun.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 November 2021  |  09:50 WIB
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berbicara dalam pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Kepala dan Sekretaris OPD (Organisasi Pemeritah Daerah) pada Senin lalu (27/9/2021) -  BKPM
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berbicara dalam pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Kepala dan Sekretaris OPD (Organisasi Pemeritah Daerah) pada Senin lalu (27/9/2021) - BKPM

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut bahwa nilai investasi belum tentu mencerminkan efek pengganda atau multiplier effect.

Hal itu disampaikannya pada acara Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Bahlil menyebut modal yang masuk berkat aliran investasi pada suatu daerah, belum tentu produktif atau mencerminkan hilirisasi. Hilirisasi merupakan visi investasi yang diberikan dari Presiden Jokowi.

"Ternyata, realisasi investasi, uang yang masuk itu belum tentu produktif. Hilirisasi di Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara itu lebih tinggi daripada di Jawa Barat dan Jawa Tengah," jelas Bahlil di hadapan Presiden.

Seperti diketahui, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah termasuk provinsi yang memiliki capaian nilai investasi tertinggi. Pada kuartal III/2021, investasi yang masuk ke Jawa Barat adalah terbesar senilai Rp34,8 triliun. Angka itu setara dengan 16,0 persen dari total investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp216,7 triliun.

Bahlil menyebut multiplier effect dari investasi yang masuk ke daerah-daerah seperti Maluku Utara dan Sulawesi Tengah justru tinggi, meskipun nilainya lebih rendah dari Jawa Barat atau Jawa Tengah.

"Multiplier effect di Maluku Utara sama Sulawesi Tengah itu tinggi. Nilai belum tentu mencerminkan multiplier effect," kata Bahlil.

Adapun, target investasi tahun ini adalah Rp900 triliun. Pada periode Januari-September 2021, realisasi investasi sudah mencapai 73,3 persen atau setara dengan Rp659,4 triliun.

Tahun depan, Presiden Jokowi memberikan target investasi ke Kementerian Investasi/BKPM sebesar Rp1.200 triliun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bkpm
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top