Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimistis Sektor Penerbangan Segera Pulih, INACA: Kuncinya Vaksinasi

INACA bersama seluruh maskapai penerbangan dan pemerintah serta seluruh pemangku kepentingan harus fokus pada strategi mengelola risiko pandemi dan memulihkan industri.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 November 2021  |  19:06 WIB
CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja. - Dok. Istimewa
CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia National Air Carrier Association (INACA) optimistis sektor penerbangan dapat segera pulih dari pukulan berat pandemi Covid-19. Salah satu kuncinya  yang dapat mempercepat pemulihan tersebut adalah vaksinasi.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan selama dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 memiliki efek yang signifikan dan langsung pada industri penerbangan dunia, termasuk pasar Indonesia serta industri pariwisata dalam negeri.

Padahal menurutnya, penerbangan adalah tulang punggung pariwisata yang tidak dapat dipisahkan. Alhasil, INACA bersama seluruh maskapai penerbangan dan pemerintah serta seluruh pemangku kepentingan harus fokus pada strategi mengelola risiko pandemi dan memulihkan industri sesegera mungkin.

"Oleh karena itu, kunci pemulihan industri penerbangan di Indonesia adalah program vaksinasi nasional," katanya dalam Rapat Umum Anggota (RUA) INACA, Kamis (18/11/2021).

Denon mengaku yang membuat pihaknya optimistis mengenai pemulihan industri penerbangan adalah banyaknya analisis dari sumber global yang mengatakan bahwa pemulihan industri penerbangan diprediksi mulai membaik pada awal 2022 untuk penerbangan domestik.

Sementara itu, lanjutnya, kondisi tersebut akan kembali ke level optimal pada 2024. Sebaliknya untuk penerbangan internasional diprediksi mulai membaik pada akhir 2023 dan kembali ke level optimal pada 2026.

Menyikapi itu, Denon menegaskan INACA juga akan mengoptimalisasi kerja sama antar kementerian dan lembaga agar dapat memberikan kemudahan berupa aturan dan kebijakan yang mendukung industri penerbangan untuk tetap bertahan selama dan setelah pandemi.

"Ditambah lagi dengan dukungan kebijakan stimulus ekonomi bagi pelaku industri penerbangan di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid mengatakan INACA merupakan satu-satunya Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional, yang sangat dibutuhkan peran sertanya dalam mendukung program-program pemerintah pada umumnya serta KADIN Indonesia pada khususnya.

"Diharapkan dalam waktu dekat ini, INACA turut serta mendukung upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional [PEN] bersama dengan KADIN Indonesia melakukan inisiatif dalam meningkatkan konektivitas antar daerah sampai ke pelosok sehingga dapat membantu percepatan pengembangan potensi daerah tersebut dan menjaga keseimbangan supply kapasitas dengan demand penerbangan sesuai pertumbuhan jumlah penumpang," ucap Arsjad.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri penerbangan vaksinasi inaca Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top