Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Kinerja Ritel Modern hingga Bisnis PCR 2 Menteri

Gejala transisi industri perdagangan eceran atau ritel menuju babak pemulihan sejatinya sudah mulai terasa menginjak kuartal IV/2021.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 15 November 2021  |  12:35 WIB
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

JAKARTA — Pemulihan konsumsi masyarakat dan pelandaian kurva pandemi Covid-19 yang makin konsisten pada tahun depan diprediksi membuat kinerja industri ritel modern pembalikan mulai kuartal II/2022. 

Ada sejumlah faktor yang menumbuhkan optimisme tersebut antara lain perbaikan kinerja ritel modern, menggeliatnya kegiatan bisnis dan aktivitas masyarakat yang mulai diperlonggar.

Berita tersebut menjadi salah satu topik utama yang disajikan dalam Bisnisindonesia.id edisi Senin (15/11/2021), di samping berita pameran otomotif, kebakaran kilang BBM Cilacap, hingga penjelasan Menkopolhukam Mahfud MD coba menjelaskan konteks keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam pengadaan PCR.

Berikut ulasan lima berita pilihan utama tersebut.

1. Pertaruhan Titik Balik Industri Ritel Kuartal II/2022

Kinerja industri ritel modern diproyeksikan mencapai titik pembalikan mulai kuartal II/2022, seiring dengan optimisme pemulihan konsumsi masyarakat dan pelandaian kurva pandemi Covid-19 yang makin konsisten pada tahun depan.

Gejala transisi industri perdagangan eceran menuju babak pemulihan sejatinya sudah mulai terasa menginjak kuartal IV/2021.

Beberapa pelatuk optimisme perbaikan kinerja ritel modern mencakup penanganan pandemi Covid-19 yang makin baik, distribusi vaksinasi yang makin meluas, serta kegiatan bisnis dan aktivitas masyarakat yang mulai diperlonggar.

Dengan demikian, kinerja industri ritel modern pada kuartal IV/2021 setidaknya akan mampu mendekati pencapaian pada kuartal II/2021 atau saat penjualan eceran mampu bertumbuh sekitar 5,4%.

Dari sisi kinerja per segmen, ritel modern format besar seperti toserba (department store) dan hypermarket digadang-gadang mencapai perbaikan performa yang signifikan pada tahun depan, setelah sempat mengalami keterpurukan terdalam sepanjang pandemi.

2. GIIAS 2021, Deretan Sepeda Motor Baru di Arena Pameran Mobil

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 tidak hanya menampilkan mobil baru dan teknologi mobil listrik sebagai display utama.

Panggung otomotif yang digelar di ICE BSD, Tangerang pada 11—21 November itu juga menampilkan sejumlah jenama sepeda motor terbaru, ditandai peluncuran dua sepeda motor anyar dari dua jenama (brand) Jepang yang populer di Indonesia.

Suzuki GIXXER SF 250 dan Honda New CB150X menjadi kejutan dalam pameran yang didominasi peluncuran kendaraan roda empat itu.  Kendati demikian, seperti dikutip Antara, ada model sepeda motor listrik dan scramble yang bisa Anda saksikan.

Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan sepeda motor terbaru di segmen sport, GIXXER SF 250, seharga Rp49,3 juta berstatus on the road DKI Jakarta yang sudah tersedia di pasar domestik mulai November ini.

Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor sport adventure touring 150cc pertama di Indonesia yaitu New CB150X dan sudah mulai dapat dipesan di diler Honda dengan kisaran harga Rp32 juta—Rp35 juta. 

3. Sepanjang 2021 Tiga Tangki BBM Pertamina Terbakar, Kesengajaan?

Sepanjang 2021, tercatat telah terjadi tiga kejadian kebakaran tangki penyimpanan bahan bakar minyak milik PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di kompleks kilang.

Satu kejadian terjadi di kompleks kilang Balongan dan dua lainnya terjadi di kompleks kilang Cilacap. 

Insiden pertama pada tangki penyimpanan BBM Pertamina terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari dengan terbakarnya tangki T-301G yang ada di kilang Balongan.

Belum selesai proses investigasi kejadian di kilang Balongan, kebakaran kembali melahap area pertangkian 39 Pertamina RU IV Cilacap. Insiden itu terjadi pada Jumat (11/6/2021) dengan kobaran api yang menyambar pertama kali pada pukul 19.45 WIB.

Kebakaran kembali terjadi di tangki penyimpanan BBM RU IV Cilacap pada Sabtu (13/11/2021). Kali ini api menyambar tangki 36 T102 yang berisikan berisi produk Pertalite. Penyebab kebakaran tersebut sampai dengan saat ini pun masih belum diketahui.

Proses pemadaman salah satu tangki yang terbakar di Kilang Cilacap./Pertamina

4. Mencermati Untung Rugi Transformasi PeduliLindungi

Rencana pemerintah mengintegrasikan basis data rekam jejak kesehatan masyarakat Indonesia melalui aplikasi PeduliLindungi dinilai dapat menutup celah fraud asuransi. Kendati demikian, aspek perlindungan data pribadi dari wacana ini masih dipertanyakan.

Langkah mengintegrasikan medical record warga Indonesia di PeduliLindungi dinilai dapat memudahkan koordinasi proses bisnis dan menyederhanakan administrasi bagi peserta asuransi kesehatan. 

Integrasi basis data juga akan menjadi peluang bagi penerbit asuransi kesehatan untuk membuat produk asuransi kesehatan individu yang lebih terdiferensiasi dengan mengacu kepada kebutuhan dan perilaku tertanggung. 

Dengan demikian, produk askes akan benar-benar dibuat dan ditawarkan berdasarkan batasan manfaat yang dibutuhkan tertanggung. 

Di lain sisi, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menilai aspek perlindungan data pribadi yang belum jelas menjadi salah satu tantangan untuk mengintegrasikan data kesehatan masyarakat dengan aplikasi PeduliLindungi. 

5. Simak Mahfud Beberkan Keterlibatan Luhut & Erick di Bisnis PCR

Akhir-akhir ini banyak cibiran dari masyarakat atas keterlibatan pejabat tinggi negara dalam bisnis tes PCR Covid-19 yang diwajibkan tetapi memberatkan di tengah pandemi.

Bermaksud meredam cibiran di atas, Menkopolhukam Mahfud MD coba menjelaskan konteks keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam pengadaan PCR.

Mahfud mengatakan bahwa awal kemunculan Covid-19 pada paruh pertama 2020 itu dianggap mencekam sehingga mendorong Presiden Jokowi dan DPR untuk mengajak peran serta masyarakat menanggulangi Covid-19, dengan solidaritas sosial, tenang, dan kreatif.

Dalam situasi itulah banyak kelompok masyarakat merespons seruan DPR, termasuk Luhut Binsar Pandjaitan dan Erick Thohir yang ikut mendirikan PT Genomik Solidaritas Indonesia yang antara lain melakukan pengadaan PCR di mana distribusinya ada yang berbayar dan ada yang digratiskan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md kilang minyak ritel modern Pameran Otomotif Pedulilindungi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top