Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zhang Yiming Mundur dari Posisi CEO ByteDance

Zhang Yiming dinyatakan mundur dari posisi chief executive officer (CEO) ByteDance Ltd. Apa alasannya?
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 03 November 2021  |  18:07 WIB
CEO ByteDance Ltd. sekaligus Founder TikTok Zhang Yimin  -  Istimewa
CEO ByteDance Ltd. sekaligus Founder TikTok Zhang Yimin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri ByteDance Ltd. Zhang Yiming dinyatakan mundur dari posisi chief executive officer (CEO). Keputusan itu diambil beberapa bulan setelah melepas jabatannya sebagai CEO TikTok. Dia berusaha memposisikan ulang dirinya di tengah pengetatan industri internet di China.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (3/11/2021), seorang sumber anonim mengatakan CEO baru Liang Rubo telah menggantikan Zhang di antara lima dewan yang juga mencakup perwakilan dari investor Susquehanna International Group dan Sequoia Capital China.

Orang terkaya di China itu dilaporkan bakal masih terlibat dalam perumusan strategi jangka panjang perusahaan. Perwakilan perusahaan menolak untuk berkomentar tentang hal ini.

Perusahaan rintisan dengan valuasi paling tinggi ini mengumumkan restrukturisasi perusahaan menjadi enam unit bisnis. Chief financial officer (CFO) ByteDance Shouzi Chew juga memutuskan mundur agar lebih fokus menggarap produk paling hit secara global saat ini, yaitu TikTok.

Sejak perubahan peraturan perusahaan digital di China membuat Zhang harus berhati-hati sebelum memutuskan penawaran umum. ByteDance telah berulang kali mengatakan tidka siap untuk IPO.

"Zhang Yiming mewujudkan keinginannya untuk menghabiskan waktunya dengan fokus pada hal-hal di luar bisnis ByteDance saat ini. Restrukturisasi [bisnis] diperlukan untuk merampingkan dan memotong lemak, karena mereka sudah kegemukan,” kata Rui Ma, mantan bankir teknologi dan investor yang sekarang menjadi pendiri podcast Tech Buzz China.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china TikTok ByteDance
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top