Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sucofindo Beri Bantuan Program Sertifikasi SNI Pasar Rakyat & Sertifikasi ARISE

Sucofindo memberikan bantuan program sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan sertifikasi ARISE sebagai bentuk dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil.
Sucofindo mengadakan sosialisasi mengenai Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE./ Dok. Sucofindo
Sucofindo mengadakan sosialisasi mengenai Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE./ Dok. Sucofindo

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Sucofindo (Persero) memberikan bantuan program Sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE untuk Perumda Pasar Jaya.

Sebelum pelaksanaan proses sertifikasi, Sucofindo menyelenggarakan sosialisasi kepada Perumda Pasar Jaya yang dilaksanakan secara online mengenai Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Sucofindo kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dan sekaligus sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainability Development Goals (SDGs) Nomor 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.   

Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Nuri Hidayat mengatakan kegiatan ini merupakan wujud implementasi program kepedulian Sucofindo, yang menjadi bagian dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke- 65 Sucofindo yang jatuh pada 22 Oktober.

Unit TJSL Sucofindo melaksanakan kegiatan bantuan program sertifikasi SNI Pasar dan Sertifikasi ARISE bagi Perumda Pasar Jaya khususnya PD Pasar Glodok dan PD Pasar Mayestik guna memberikan keyakinan kepada pelaku UMK maupun kepada para pengunjung pasar untuk beraktivitas dengan rasa aman dan nyaman.

“Program TJSL ini juga merupakan penciptaan kebermanfaatan bersama/ Creating Shared Value [CSV] dielaborasikan dengan layanan portofolio jasa Sucofindo berupa sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE kerjasama dengan Strategic Business Unit Sertifikasi & Eco Framework [SBU SERCO],” ujar Nuri, Rabu (3/11/2021).

Dia menambahkan di masa pandemi ini Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE merupakan salah satu kontribusi dan upaya nyata perusahaan bagi roda ekonomi masyarakat tetap berputar dengan beradaptasi pada keadaan new normal.

Sementara, Auditor Produk dan Sistem Mutu dari SBU SERCO Stefanus Ponirin menyampaikan bahwa Program Sertifikasi SNI Pasar Rakyat diperlukan agar tata kelola serta lingkungan pasar rakyat tersebut terjamin kebersihan, keamanan dan kenyamanannya.

“Pada proses Sertifikasi SNI Pasar Rakyat terdapat prosedur sistem manajemen mutu yang perlu diterapkan oleh pasar rakyat yang akan melaksanakan proses sertifikasi. Pelaksanaan sistem manajemen pengelolaan pasar berguna untuk mendorong pelaksanaan pengelolaan pasar sesuai SNI Pasar Rakyat 8152:2015 berjalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan perbaikan secara terus-menerus,” ujar Stefanus.

Selain dengan penerapan SNI Pasar Rakyat 8152:2015, di masa pandemi ini sertifikasi ARISE menjadi salah satu upaya untuk memonitor dan memberikan pengakuan kesiapan organisasi memasuki tatanan normal baru.

“Kami pun terus berupaya dalam mendukung para pelaku usaha termasuk UMKM sebagai respons kami dalam mendukung pemulihan ekonomi Nasional dan kami berharap program ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat terutama di masa pandemi seperti ini,” tutup Nuri.

Sucofindo yang juga merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi, juga turut merespons dalam pemulihan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan misi Sucofindo dalam menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama bagi pelaku usaha.

Salah satunya, untuk para UMK yang masuk dalam program TJSL Sucofindo, seperti membuat program sertifikasi halal dan pelatihan untuk UMKM serta sertifikasi SNI produk UMKM.

Sucofindo sebagai BUMN dengan lingkup jasa dibidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi memiliki jasa dalam sektor TJSL. Jasa tersebut antara lain adalah jasa social mapping, Jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Customer Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat dan pengukuran dampak program TJSL dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Sebagai bentuk komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (alkes). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, Sucofindo juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper