Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stok Minyak Goreng Perlu Diwaspadai

Permintaan ekspor yang berpotensi naik jelang akhir tahun bisa memengaruhi ketersediaan dan harga di dalam negeri.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  20:08 WIB
Stok Minyak Goreng Perlu Diwaspadai
Minyak goreng Fortune. - bulogmart.bulogjatim.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Minyak goreng menjadi komoditas pangan yang perlu mendapatkan perhatian terkait keamanan stoknya. Permintaan ekspor yang berpotensi naik jelang akhir tahun bisa memengaruhi ketersediaan dan harga di dalam negeri.

"Yang perlu diwaspadai adalah stok minyak goreng seiring naiknya permintaan CPO untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Pasokan dalam negeri untuk CPO sebagai bahan baku minyak goreng perlu dikomunikasikan ke pelaku usaha," kata Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira, Jumat (29/10/2021).

Dia memperkirakan konsumsi pangan mulai meningkat, khususnya jelang natal tahun baru. Selain itu, pemerintah juga perlu memastikan solar untuk angkutan logistik tersedia.

"Kemudian telur ayam, dan daging sapi secara historis saat peak season harganya cenderung meningkat. Inflasi pangan wajib dijaga agar sejalan dengan pemulihan pendapatan kelas menengah ke bawah," katanya.

Minyak goreng menjadi salah satu komoditas yang mengalami kenaikan harga  dibandingkan dengan bulan lalu. Minyak goreng curah naik tercatat naik 9,86 persen menjadi Rp15.600 per liter, minyak goreng kemasan sederhana naik 6,80 persen menjadi Rp15.700 liter, dan minyak goreng kemasan premium naik 5,49 persen menjadi Rp17.300 per liter.

Kementerian Perdagangan telah berkoordinasi dengan asosiasi produsen minyak goreng nasional agar tetap menjaga pasokan minyak goreng di dalam negeri dalam rangka stabilisasi harga.

Surat kepada produsen minyak goreng nasional Nomor 311/PDN/SD/10/2021 telah dikeluarkan agar produsen tetap melakukan penyediaan minyak goreng kemasan di pasar ritel dan pasar tradisional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan pokok minyak goreng
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top