Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Covid-19 Melandai, Peritel Lihat Peluang

Pemulihan ekonomi mulai berjalan seiring dengan melandainya kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini pun mendorong ekspansi gerai ritel.
Gerai ketiga Ikea di Kota Baru Parahiyangan. /Ikea
Gerai ketiga Ikea di Kota Baru Parahiyangan. /Ikea

Bisnis.com, JAKARTA — Ekspansi gerai ritel modern berlanjut, seiring dengan mulai dibukanya aktivitas ekonomi masyarakat. Beberapa perusahaan ritel tercatat membuka gerai baru sepanjang September.

Salah satunya adalah gerai Ikea kelolaan PT Hero Supermarket Tbk. (HERO). Perusahaan resmi membuka 1 gerai baru di Garden City, Jakarta Timur pada 30 September 2021. Ikea Garden City menjadi gerai keempat yang dikelola perusahaan.

“Kami terus fokus pada perkembangan bisnis sesuai dengan strategi yang kami jalankan. Ikea JGC telah dibuka di Jakarta Garden City pada 30 September,” kata Head of Corporate and Consumer Affairs Hero Supermarket Diky Risbianto, Sabtu (2/10/2021).

Sebagaimana diketahui, HERO memang tengah mengubah fokus bisnis dengan rencana menambah gerai Ikea dan Guardian setelah perusahaan memutuskan untuk menutup permanen operasional Giant. Ritel sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk masyarakat kelas atas dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Dalam kurun dua tahun, HERO menargetkan dapat menambah empat kali lipat jumlah gerai Ikea dibandingkan dengan 2020, serta membuka sampai 100 gerai Guardian baru hingga akhir 2022.

Sebagai bagian dari fokus baru ini, HERO akan mengubah setidaknya lima gerai Giant menjadi Ikea sehingga dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan. Perseroan juga tengah mempertimbangkan untuk mengubah gerai Giant lainnya menjadi gerai Hero Supermarket.

Diky mengatakan perusahaan masih menaruh komitmen pada gerai-gerai fisik yang dimiliki HERO Group. Guna mengikuti perkembangan saat ini, HERO telah memulai pelayanan daring melalui kerja sama dengan berbagai platform dagang-el.

“Contohnya kerja sama dengan Happy Fresh dan GoMart untuk Hero Supermarket, Shopee dan pemesanan online via whatsapp dan website untuk Guardian serta layanan online Ikea. Semuanya ini untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada para pelanggan dan masyarakat Indonesia,” kata Diky.

Pembukaan gerai baru juga dilakukan oleh PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES). Sepanjang September, perusahaan telah membuka 3 gerai baru sehingga total gerai ACE yang dikelola mencapai 215 unit.

Sekretaris Perusahaan ACES Helen Tanzil mengatakan gerai terbaru dibuka pada 29 September 2021 dan berlokasi di Grand Cakung, Jakarta Timur. Gerai dengan luas sekitar 2.700 meter persegi itu menjadi gerai kesembilan yang dibuka perusahaan sepanjang 2021. Ekspansi sendiri menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menjaga kinerja selain promosi.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang tidak diaudit, ACES masih membukukan penyusutan penjualan dan laba pada semester I/2021. Penjualan bersih tercatat turun 7,01 persen menjadi Rp3,40 triliun pada periode tersebut. Sementara laba kotor turun dari Rp1,80 triliun pada semester I/2020 menjadi Rp1,65 triliun pada semester I/2021.

Sebagaimana diketahui, ACES menganggarkan Rp100 miliar belanja modal untuk penambahan atau pembukaan gerai baru. Dana capital expenditure yang telah terserap pada paruh pertama 2021 berjumlah Rp41 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper