Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Kurangi Kemacetan, Ini Manfaat Penataan Stasiun Tebet dan Palmerah

Penataan kawasan stasiun merupakan bagian dari integrasi transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum.
Stasiun Palmerah/Antara
Stasiun Palmerah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menilai penataan kawasan Stasiun Tebet dan Palmerah yang diresmikan hari ini dapat mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan penataan kawasan Stasiun Tebet dan Palmerah akan mempermudah para pengguna KRL saat akan melanjutkan perjalanannya menggunakan transportasi umum lainnya.

"Selain itu, penataan ini juga akan membuat kawasan di sekitar stasiun akan lebih teratur dan tertib sehingga dapat mengurangi kemacetan yang sebelumnya kerap timbul pada kawasan tersebut," kata Didiek, Rabu (29/9/2021).

Namun bukan itu saja, dia menyebut penataan kawasan stasiun juga akan memberikan nilai tambah bagi lingkungan di sekitar stasiun, sehingga dapat membantu pemulihan perekonomian masyarakat yang didorong dengan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna transportasi umum.

Didiek berharap, penataan di kawasan stasiun yang dilakukan bersama-sama ini tidak hanya bermanfaat bagi pengguna KRL, tetapi juga bagi para pelaku UMKM yang berjualan di sekitar stasiun yang juga terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.

Dia menegaskan akan mendukung penuh inovasi-inovasi baru demi meningkatkan kenyamanan para pengguna transportasi umum khususnya KRL.

“Kolaborasi antara KAI dengan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mengintegrasikan transportasi di Jabodetabek ini diharapkan dapat membuat masyarakat beralih untuk menggunakan transportasi massal,” tutup Didiek.

Sementara itu Direktur Utama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) Tuhiyat mengatakan penataan kawasan stasiun ini merupakan tahap kedua yang meliputi Stasiun Tebet, Palmerah, Gondangdia, Manggarai, dan Jakarta Kota.

"Pada hari ini kita akan menyaksikan peresmian dua stasiun yaitu Tebet dan Palmerah," ujarnya.

Tuhiyat menegaskan penataan kawasan stasiun ini akan diikuti oleh pengawasan yang tidak kalah penting untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna.

Sementara itu untuk stasiun lainnya, yakni Stasiun Manggarai, dia menyebut progress pembangunannya sudah mencapai 95 persen dan 69 persen untuk Stasiun Gondangdia.

"Keduanya ditargetkan selesai tahun ini. Sementara Stasiun Jakarta Kota akan selesai tahun depan," sebut Tuhiyat.

Sebagai informasi, penataaan kawasan stasiun sebelumnya telah diresmikan di Stasiun Pasar Senen, Sudirman, Tanah Abang, dan Juanda pada 17 Juni 2020.

Penataan kawasan stasiun ini merupakan bagian dari integrasi transportasi di Jabodetabek untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses transportasi umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper