Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Besok, Pengguna KRL Bogor Line Naik Turun di Lantai 2 Stasiun Manggarai

Bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai.
Warga menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan jalur layang (elevated track) Bogor Line di Stasiun Manggarai telah selesai dan siap dioperasikan mulai besok, Sabtu (25/9/2021).

"Sesuai rencana, malam ini akan dilakukan kegiatan switch over 4, yaitu pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah [at grade], akan dipindah ke jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok, Jumat (24/9/2021).

Rode mengatakan pembangunan jalur layang Bogor Line ini merupakan bagian dari pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan jalur dwi ganda Manggarai-Cikarang.

Setelah melalui serangkaian pengujian, ujarnya, dilanjutkan dengan switch over malam ini sehingga besok jalur layang ini akan dioperasikan melayani penumpang.

"Saat dioperasikan, jalur layang Bogor Line ini dapat diakses dengan eskalator dan lift difabel serta tangga manual yang sudah dibangun," imbuhnya.

Lebih lanjut Rode menuturkan, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai.

Terkait potensi konflik dengan warga sekitar Manggarai, Rode mengaku telah melakukan berbagai upaya penertiban dan penataan akses dengan baik. Saat ini, pihaknya juga masih melakukan penataan untuk akses dan parkir.

"Namun demikian para pengguna jasa sudah bisa mengakses Pintu Barat Stasiun ini yang bisa lebih mudah akses ke Halte Transjakarta,” tambahnya.

Sementara itu VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan akan melakukan penyesuaian layanan naik turun pengguna KRL di Stasiun Manggarai mulai besok.

Pada penyesuaian pelayanan baru ini, perjalanan KRL Lin Sentral (Bogor – Jakarta Kota PP) akan dilayani pada jalur layang pada jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

"Untuk layanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Bogor/Depok – Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. Sedangkan pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota - Bogor/Depok Kota akan dilayani pada peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai," tuturnya.

Selain itu Anne menambahkan, untuk pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Cikarang relasi Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota PP dan KRL Lin Lingkar Bogor/Depok – Angke/Jatinegara tetap sama seperti yang berlaku saat ini.

Pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai dan hendak menggunakan KRL Lin Sentral bisa menggunakan eskalator, lift, ataupun tangga di peron 6 dan 7 lantai dasar bangunan baru Stasiun Manggarai untuk menuju peron 10,11,12, dan 13 pada lantai 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper