Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ATR/BPN: Aplikasi LoketKu Percepat Layanan Pertanahan untuk Masyarakat

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncurkan aplikasi LoketKu untuk mengurus berkas pertanahan secara digital.
Tampilan muka laman LoketKu./Istimewa
Tampilan muka laman LoketKu./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncurkan aplikasi LoketKu untuk mengurus berkas pertanahan secara digital.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi Virgo Eresta Jaya mengatakan bahwa aplikasi LoketKu untuk menjawab keluhan masyarakat yang sering bolak balik datang ke Kantor Pertanahan (Kantah).

Hal itu dikarenakan adanya berkas yang belum lengkap, sehingga proses pengurusannya pun memakan waktu yang lama.

Peluncuran aplikasi tersebut juga merupakan bagian dari perjalanan transformasi digital dalam hal keterbukaan informasi publik.

“Aplikasi ini kami ciptakan secara bottom up karena lahir dari inovasi teman-teman di Kantah. Kami dari pusat hanya mengagregasi ke dalam skala yang lebih besar,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (24/9/2021).

Melalui aplikasi itu, kata dia, masyarakat bisa dengan mudah, cepat, dan praktis mendapatkan informasi terkait pertanahan, tata ruang, dan lain-lain.

Masyarakat juga bisa langsung mendaftar dan mengunggah dokumen secara elektronik dari rumah masing-masing.

“Jadi sekarang cukup mengajukan lewat website atau aplikasi dan hasilnya dapat dikirim secara elektronik melalui email masing-masing, dan juga dapat dipantau secara elektronik,” katanya.

Dalam aplikasi tersebut terdapat juga fitur chat interaktif yang memungkinkan masyarakat berkomunikasi dengan petugas di Kantah secara online sampai berkas terverifikasi dan layak untuk datang ke kantor pertanahan.

Kemudian, masyarakat juga bisa menggunakan fitur antrean online, sehingga bisa memilih waktu sendiri yang sesuai untuk bisa berkunjung ke Kantah.

“Diharapkan dengan aplikasi ini masyarakat yang datang bisa lebih terkontrol dan hanya cukup sekali datang saja ke Kantah,” tuturnya.

Saat ini, layanan Loketku sudah bisa dinikmati di 96 kabupaten/kota, dan diharapkan akan terus meluas ke kabupaten/kota lain di seluruh Indonesia.

Selain Loketku, Kementerian ATR/BPN juga meluncurkan aplikasi layanan informasi publik. Dengan adanya layanan ini, masyarakat juga tidak perlu lagi datang ke kantor pertanahan untuk meminta layanan informasi.

“Untuk layanan informasi cukup mengajukan lewat website atau aplikasi, dan hasilnya akan dikirim ke email masing-masing, dan dapat juga dipantau secara elektronik,” ucap Virgo.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa melalui aplikasi LoketKu, masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh kantor pertanahan se-Indonesia dari rumah melalui aplikasi mobile.

“Ini sebuah improvement yang luar biasa terhadap layanan publik. Dengan aplikasi LoketKu, di BPN tidak akan ada lagi antrean yang banyak,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper