Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SKK Migas Targetkan 3 Proyek Hulu Migas Onstream Dalam Waktu Dekat

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menargetkan bisa menambah proyek hulu migas yang bisa beroperasi pada tahun ini. Rencananya terdapat tiga proyek yang akan onstream dalam waktu dekat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 September 2021  |  17:54 WIB
SKK Migas Targetkan 3 Proyek Hulu Migas Onstream Dalam Waktu Dekat
Ilustrasi pegawai Elnusa mengerjakan proyek migas. - Istimewa/Pertamina
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menargetkan bisa menambah proyek hulu migas yang bisa beroperasi pada tahun ini. Rencananya terdapat tiga proyek yang akan onstream dalam waktu dekat.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih mengatakan bahwa terdapat tiga proyek yang akan onstream di September 2021, yaitu Proyek Akasia Bagus oleh Pertamina, Lematang Compressor oleh Medco, dan Upgrading Project Injection Sukowati oleh Pertamina.

Dia menuturkan, seluruh proses di Proyek Akasia Bagus telah selesai dan akan diresmikan pada pekan depan.

Sementara itu, proyek Lematan Compressor pada saat ini tengah dalam proses pengetesan, yang apabila seluruh prosesnya berjalan sesuai dengan target maka dapat selesai pada September 2021, namun jika menemukan terkendala berpotensi mundur ke Oktober tahun ini.

“Proyek Injection Sukowati masih dalam proses penyelesaian. Kemarin kami melakukan testing, ternyata ada masalah di quality valve, sehingga harus ada perbaikan. Akibatnya, onstream proyek kemungkinan besar mundur ke awal Oktober 2021,” katanya kepada Bisnis, Jumat (24/9/2021).

Sepanjang tahun ini, SKK Migas menargetkan sebanyak 12 proyek untuk dapat onstream. Sampai dengan akhir Agustus 2021, sudah ada 10 proyek telah berhasil onstream, atau sudah mencapai 83,3 persen dari keseluruhan target di 2021.

Adapun, tiga proyek hulu migas yang telah berhasil onstream di kuartal III/2021, yaitu Proyek Fasilitas Produksi Stasiun Pengumpul Bangadua (SP-BDA) yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP, Proyek WB-NAG Compression and Condensate Pumping System oleh PetroChina International Jabung LTD (PCJL), dan Proyek Pembangunan Fasilitas Produksi Lepas Pantai Lapangan Sidayu oleh Saka Indonesia Pangkah Limited (SIPL).

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan bahwa Proyek Upgrade SP Bangadua selesai pada 13 Agustus 2021 dengan investasi US$6,5 juta. Kemudian, Proyek WB NAG Compression PCJL pada 18 Agustus 2021 dengan investasi US$ 12 juta, sedangkan Proyek Sidayu SIPL pada 24 Agustus 2021 dengan nilai proyek US$47,8 juta.

Julius optimistis jumlah proyek yang onstream pada tahun ini dapat melebihi target yang diharapkan.

“Untuk kuartal IV/2021 direncanakan ada tiga proyek yang akan onstream, yaitu Proyek SP Bambu Besar PEP, Proyek Lematang Kompresor Medco Lematang, dan Proyek Bukit Tua Phase 2B PCK2L,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas produksi migas
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top