Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Properti di Bekasi Naik, Bogor Turun, Jaksel & Jakbar Stagnan

Kenaikan harga di Bekasi disebabkan salah satunya oleh banyaknya infrastruktur yang sedang berkembamg di area itu seperti jalan tol, jalur LRT, rumah sakit, dan sekolah. 
Kota Bekasi. /Dok.Pemkot Bekasi
Kota Bekasi. /Dok.Pemkot Bekasi

Bisnis.com, JAKARTA — Harga properti di Jabodetabek mengalami fluktuasi dalam setahun terakhir. Dalam laporan Lamudi, harga rumah di Bekas naik, Bogor turun, sedangkan Jakarta Selatan dan Jakarta Barat terbilang stagnan.

CEO Lamudi.co.id Mart Polman mengatakan harga rumah di Bekasi mengalami kenaikan harga rumah dalam satu tahun terakhir yakni yakni menjadi Rp934 juta per April 2021 dari periode yang sama tahun sebelumnya seharga Rp768 juta atau naik 21,6 persen. 

Kenaikan harga ini disebabkan salah satunya oleh banyaknya infrastruktur yang sedang berkembamg di area itu seperti jalan tol, jalur LRT, rumah sakit dan sekolah. 

"Pembangunan ini diharapkan dapat memajukan kota dengan memperbaiki akses masyarakat ke sarana dan prasarana yang mereka butuhkan juga memberikan nilai tambah bagi properti yang dikembangkan di daerah ini," ujarnya, Minggu (12/9/2021). 

Lalu untuk harga rumah di Bogor mengalami penurunan menjadi Rp579 juta per April 2021 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang menyentuh angka Rp600 jutaan. 

Sementara itu, untuk di Jakarta, peminat paling besar para pencari properti berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. 

"Salah satu wilayah unggulan meliputi segitiga emas Jakarta yang menjadi pusat aktivitas bisnis dan beberapa kantor pemerintahan membentang dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan. 

Menurut Mart, wilayah ini diminati karena adanya kelancaran dan kemudahan transportasi menuju pusat kota dengan layanan MRT dan bus transjakarta yang menjangkau hampir sebagian besar wilayah resudensial di Jakarta Selatan. 

Hal ini terjadi meski harga rumah di Jakarta Selatan per April 2021 tidak berubah dari tahun sebelumnya yakni Rp7 miliar atau sekitar Rp25,9 juta per meter persegi. 

Lalu di Jakarta Barat, per April 2021, harga rumah rerata Rp3,13 miliar sama seperti tahun sebelumnya. Namun, harga per meter persegi mengalami peningkatan sedikit dari Rp22,7 juta menjadi Rp22,9 juta per meter persegi. 

"Sebagian bagian dari Ibu Kota Jakarta Barat termasuk area dengan infrastruktur yang lengkap dengan tersediannya rumah sakit, gedung sekolah, perkantoran, pusat perbelanjaan, jalan tol, dan berbagai infrastruktur publik lainnya. Wilayah ini memiliki keunggulan lain yakni dekat dengan Bandara Soekarno Hatta. Karena itu area ini tetap menarik dikembangkan sehingga terus dicari oleh para pencari properti," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper