Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aman! Blibli Kantongi Sertifikat Keselamatan Kebakaran Gudang

Blibli mengaku telah mengantongi Sertifikat Keselamatan Kebakaran untuk mengantisipasi potensi risiko, seperti terjadinya insiden kebakaran gudang.
Karyawan Blibli.com siap mengantarkan barang ke pelanggan, di sela-sela peluncuran BlibliMART, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Karyawan Blibli.com siap mengantarkan barang ke pelanggan, di sela-sela peluncuran BlibliMART, di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai e-commerce dengan ekosistem menyeluruh termasuk dalam membangun infrastruktur logistik, Blibli menempatkan keamanan pelanggan dan karyawan sebagai prioritas utama.

Executive Vice President of Operations Blibli Lisa Widodo mengaku untuk mengantisipasi potensi risiko, seperti terjadinya insiden kebakaran gudang, Blibli telah menerapkan prosedur keamanan di area operasional logistik secara seksama sesuai dengan standar kesehatan, keamanan, dan lingkungan kerja.

"Warehouse [gudang] Blibli terdaftar memperoleh Sertifikat Keselamatan Kebakaran untuk memastikan bahwa bangunan warehouse telah menerapkan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (8/9/2021).

Terkait dengan prosedur keamanan dan keselamatan kerja dalam prosedur operasional warehouse ini, dia mengaku telah melakukan sejumlah langkah diantaranya memberikan pelatihan penanganan kebakaran dan P3K secara berkala (dua kali setahun) untuk para karyawan di seluruh warehouse.

Lisa menyebut pelatihan ini merupakan kerja sama Blibli dengan dinas pemadam kebakaran setempat. Training ini bertujuan untuk melatih keterampilan karyawan terkait risiko kebakaran, serta meningkatkan awareness terhadap bahaya kebakaran.

Bukan saja mengantisipasi potensi kebakaran, sambungnya, prosedur keamanan dan keselamatan kerja juga diterapkan secara khusus terkait pandemi Covid-19 di lingkungan warehouse dan area logistik Blibli.

"Blibli melakukan pembersihan area menyeluruh dengan melakukan penyemprotan desinfektan pada area yang sering terjadi kontak, termasuk handling pintu, fingerprint, meja kantor, dan lift," paparnya.

Lisa menambahkan, selama pandemi Blibli juga melakukan metode contactless shipping atau pengiriman tanpa kontak untuk mengurangi kontak antara kurir dan konsumen.

Dia menuturkan pemberian tanda tangan di electronic & gadget handphone yang sebelumnya menjadi prasyarat serah terima produk dari kurir ke pelanggan, untuk sementara tidak dilakukan dan diganti dengan pengambilan foto saat menerima barang.

"Armada pengiriman Blibli Express Service [BES] dibekali dengan masker dan sarung tangan. Hal ini untuk menjamin kebersihan dan keamanan produk saat tiba di rumah pelanggan. Mitra logistik Blibli juga telah menerapkan standar prosedur pengiriman yang sama yaitu pengiriman tanpa kontak," imbuh Lisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper