Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tokopedia Pilih Asuransikan Barang, Antisipasi Kebakaran Gudang

Tokopedia melakukan antisipasi terhadap kebakaran, salah satunya dengan mengasuransikan barang pelanggan.
Tokopedia Center/istimewa
Tokopedia Center/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia juga memberikan asuransi terhadap barang pelanggan yang disimpan di setiap gudang TokoCabang agar terlindungi dari segala kendala yang terjadi saat proses penyimpanan.

"Seluruh barang yang disimpan di gudang TokoCabang telah diasuransikan agar terlindungi dari segala kendala yang terjadi saat proses penyimpanan, seperti kehilangan atau kerusakan barang," ungkap AVP of Fulfillment Tokopedia Erwin Dwi Saputra kepada Bisnis.com, Rabu (8/9/2021).

Berkaca dari insiden kebakaran gudang salah satu e-commerce yakni Shopee di Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu (5/9/2021) malam, Tokopedia terus berupaya memastikan semua layanan pelanggan dan penyimpanan pesanan berjalan baik dan aman.

Dia mengaku melakukan audit keselamatan secara rutin untuk memastikan semua peralatan pemadam kebakaran memadai dan dalam kondisi yang baik di seluruh gudang TokoCabang.

Selain itu, Erwin menyebut bahwa Tokopedia senantiasa mengadakan pelatihan kepada karyawan terkait penanganan kebakaran serta tim khusus yang dilatih secara rutin untuk menggunakan peralatan pemadam kebakaran, pertolongan pertama dan sebagainya. Pun dengan menyimpan produk yang mudah terbakar di lokasi khusus dan aman.

"Walaupun Tokopedia tidak dapat berkomentar mengenai entitas lain, yang dapat kami sampaikan adalah kami turut berempati bagi pihak yang terdampak," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, salah satu gudang Shopee terbakar beberapa waktu lalu. Guna menghindari kejadian serupa, Shopee akan melakukan pengkajian lebih lanjut terkait kebakaran tersebut dan meningkatkan keamanan di gudang-gudang lain.

Sementara itu terkait dengan kerugian yang ditimbulkan, Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengaku belum bisa memastikan karena pihaknya masih masih menghitung besarannya. Dia memastikan bahwa barang penjual yang terbakar telah diasuransikan dan Shopee akan mengganti kerugian bagi penjual yang terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper