Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batang Pisang Dijual Rp 85.000 di AS, Khofifah: Orang Indonesia Nangis Lihat Ini

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terkejut dengan tingginya harga jual batang pohon pisang yang dijual di Amerika Serikat.
Foto pelepah pisang/ Antara
Foto pelepah pisang/ Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku terkejut dengan harga batang pohon pisang atau gedebog yang dijual di Amerika Serikat.

Pasalnya, sepotong gedebog pisang ukuran kecil dijual seharga 5,95 dollar atau setara Rp 85.000.

Informasi tersebut disampaikan Khofifah melalui akun resmi Instagramnya @khofifah.ip pada Sabtu (4/9/2021).

"Orang Indonesia "nangis" lihat harga potongan kecil gedebog pisang yang harganya hampir seratus ribu rupiah di Amerika Serikat ini. Disana potongan batang pohon pisang dijual di Hornbill Asian Market, USA seharga $5,95 kurang lebih setara dengan Rp 85.000,” tulisnya.

Manfaat batang pisang

Sementara dilansir dari Tempo.co, gedebog pisang sendiri dalam dunia kesehatan memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai antioksidan dan antidiabetes. 

Berikut beberapa manfaat gedebog pisang untuk kesehatan:

  1. Kaya serat dan mencegah batu ginjal

Pati dalam gedebog pisang menyerupai pati tepung sagu dan tepung tapioka. Kandungan gizi yang cukup tinggi memungkinkan gedebog pisang untuk dijadikan sebagai alternatif bahan pangan dan diolah menjadi tepung yang kaya karbohidrat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjudul “Mbongsang - Inovasi Mie Gedebog Pisang Kaya Serat dan Pencegah Batu Ginjal”, gedebog pisang bahkan dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan mie yang mereka beri nama Mibogsang.

  1. Membantu penyembuhan luka bakar

Penelitian yang dilakukan oleh Gusti Agung Putu Yogi Veda Ananta, mahasiswa Universitas Malahayat, yang berjudul “Potensi Batang Pisang (Musa Pardisiaca L.) dalam Penyembuhan Luka Bakar”, menemukan bahwa ekstrak batang pisang mengandung tanin, saponin, dan flavonoid yang masing-masing memiliki peran tersendiri dalam proses penyembuhan luka.

Senyawa Saponin memiliki aktivitas antiseptik yang membantu penyembuhan luka. Flavonoid dari golongan flavonol, flavon, dan isoflavon memiliki aktivitas antiinflamasi. Sedangkan Tanin merupakan senyawa polifenol dari golongan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dan juga anti inflamasi.

  1. Menjadi Adsorben terhadap Mangan dalam Air

Mangan adalah logam yang umum yang dapat ditemukan di alam. Namun pada konsentrasi tinggi dapat memberikan noda coklat kemerahan pada peralatan juga memberikan rasa pahit atau rasa logam pada air minum. Batang pisang, dalam kasus ini, dapat dijadikan sebagai adsorben untuk menyerap logam mangan dalam air.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Poltekkes Bandung Indah Andrini berjudul “Pemanfaatan Batang Pisang sebagai Adsorben Terhadap Mangan dalam Air” menunjukkan konsentrasi adsorben 0,5 persen pada waktu kontak 30, 60, 90, dan 120 menit secara berturut-turut menurunkan kadar logam mangan sebesar 2,1703; 2,5923; 3,1207; dan 3,5201 mg/L.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper