Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPS: Inflasi IHPB Stagnan, Sektor Pertanian Catatkan Deflasi

Stagnasi dipengaruhi oleh sektor pertanian yang tercatat mengalami deflasi. Indeks harga pada sektor pertanian mengalami deflasi sebesar -0,51 persen mtm dan memberikan andil kepada deflasi sebesar 0,10 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 September 2021  |  15:38 WIB
Seorang petani tengah berada di sawah di Sungai Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat. Di kawasan pertanian padi ini banyak tumbuh pembangunan rumah baru yang dapat berdampak pada penyusutan luas lahan tanam padi. - Bisnis/Noli Hendra\r\n
Seorang petani tengah berada di sawah di Sungai Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat. Di kawasan pertanian padi ini banyak tumbuh pembangunan rumah baru yang dapat berdampak pada penyusutan luas lahan tanam padi. - Bisnis/Noli Hendra\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju indeks harga perdagangan besar (IHPB) stagnan di level 0,09 persen secara bulanan (month-to-month/mtm) pada Agustus 2021.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto menyampaikan kondisi tersebut dipengaruhi oleh sektor pertanian yang tercatat mengalami deflasi.

Tercatat, indeks harga pada sektor pertanian mengalami deflasi sebesar -0,51 persen mtm dan memberikan andil kepada deflasi sebesar 0,10 persen.

“Jadi kenapa [sektor pertanian] deflasi, karena harga beras di tingkat grosir mengalami penurunan,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Di sisi lain, BPS mencatat sektor pertambangan dan penggalian mengalami inflasi sebesar 1,11 persen dan memberikan andil kepada inflasi sebesar 0,01 persen.

Sektor industri pun tercatat mengalami inflasi sebesar 0,22 persen mtm dengan andil kepada inflasi sebesar 0,18 persen mtm.

Sejalan dengan itu, IHPB sektor konstruksi tercatat inflasi sebesar 0,27 persen mtm. Peningkatan tersebut didorong oleh kelompok bangunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, dan pelabuhan.

“Yang menyebabkan peningkatan 0,27 persen ini adalah andil dari bangnunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, dan pelabuhan yang memberikan andil terbesar 0,11 persen dengan inflasi tercatat 0,30 persen,” kata Setianto.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS pertanian indeks harga perdagangan besar
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top