Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi: Porang Bisa Jadi Makanan Pokok di Masa Depan

Jokowi menginstruksikan Menteri Pertanian untuk lebih serius mengembangkan komoditas porang.
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Jawa Timur pada Kamis (19/8/2021)  dengan beberapa agenda, di antaranya meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan masyarakat, serta juga mengunjungi pabrik pengolahan porang di Madiun, Jawa Timur./Antara
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Jawa Timur pada Kamis (19/8/2021) dengan beberapa agenda, di antaranya meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dan masyarakat, serta juga mengunjungi pabrik pengolahan porang di Madiun, Jawa Timur./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Jawa Timur pada Kamis (19/8).

“Pengolahan porang di sini memberikan nilai tambah yang baik utamanya kepada petani,” kata Jokowi dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/8/2021).

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa setiap hektare lahan porang bisa menghasilkan 15-20 ton dengan penghasilan per musim tanam hingga Rp40 juta dalam kurun waktu 8 bulan.

Dengan demikian, sambungnya, komoditas porang sangat menjanjikan, terlebih juga karena pasarnya masih sangat luas dan diyakini porang merupakan makanan pokok di masa depan.

“Porang akan menjadi makanan masa depan karena low calory dan juga bebas kadar gula. Ini menjadi makanan sehat ke depannya,” ujarnya.

Presiden juga telah menginstruksikan Menteri Pertanian untuk lebih serius mengembangkan komoditas baru ini dan diharapkan mampu menembus pasar ekspor dalam bentuk setengah jadi hingga produk jadi.

“Insya Allah tahun depan sudah akan menjadi barang jadi yaitu beras porang,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan akan berupaya menaikkan nilai komoditas porang di pasar ekspor sehingga membawa manfaat nyata bagi para petaninya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper