Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bernilai Jual Tinggi, Jokowi Bahas Budidaya Sarang Walet & Tanaman Porang

Jokowi menggelar rapat terbatas dengan jajarannya untuk membahas pengembangan budidaya rumah sarang burung walet dan tanaman porang.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  16:36 WIB
Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid/19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 November 2020 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid/19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 November 2020 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar akselerasi dari hulu ke hilir terkait pengembangan budidaya rumah sarang burung walet dan tanaman porang.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa pihaknya akan mulai mengasistensi atau melakukan pembinaan teknik kepada para petani kedua komoditas tersebut dan mengelompokkan atau membuat klaster daerah para produsennya.

“Kalau burung walet tentu itu terkait dengan rumah walet, kemudian processing awal dan processing akhir untuk sampai pada proses industrinya,” kata Syahrul dalam konferensi pers, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, kata Mentan, Kepala Negara juga meminta agar semua proses tersebut harus berpihak kepada rakyat, termasuk pembenahan regulasi yang menghambat.

Mentan pun berkomitmen, bersama Kementerian Perdagangan akan berupaya menaikkan nilai dua komoditas tersebut di pasar ekspor sehingga membawa manfaat nyata bagi para petaninya.

Senada, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi menyampaikan bahwa sarang burung walet ini mempunyai nilai jual yang luar biasa di pasar global.

Dengan Indonesia sebagai salah satu produsen terbesar, dua komoditas tersebut tentu harus dimanfaatkan lebih maksimal.

“Bahkan, kalau tidak salah saya hampir 80 persen daripada kapasitas dunia itu disuplai dari Indonesia,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ekspor sarang walet Porang
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top