Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Kemandirian Industri Obat dan Operasi Komersial KA Bandara YIA

Di saat penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta mengalami peningkatan dan tumbuhnya layanan kesehatan di banyak daerah percepat pengembangan industri farmasi dalam negeri menjadi hal yang mendesak.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 16 Agustus 2021  |  13:07 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan RUU Tentang APBN TA 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). - Youtube
Presiden Joko Widodo menyampaikan RUU Tentang APBN TA 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Kemandirian industri obat, vaksin dan alat-alat kesehatan menjadi salah satu poin penting dalam pidato Presiden Joko Widodo pada sidang tahunan MRP 2021. Presiden menegaskan hingga saat ini kemandirian industri obat  masih menjadi kelemahan serius yang harus diselesaikan.

“Namun pandemi telah mempercepat pengembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan vaksin merah-putih, dan juga oksigen untuk kesehatan,” ujar  Presiden Jokowi (16/8/2021).

Pidato Presiden Jokowi menjadi salah satu berita pilihan editor di Bisnisindonesia.id. Berikut 5 ringkasan berita pilihan hari ini, Senin (16/8/2021):  

1. SIMAK 8 POIN PENTING PIDATO KENEGARAAN JOKOWI DI SIDANG MPR 2021

Pemerintah menilai pandemi selama satu setengah tahun lebih telah menguatkan perilaku dan infrastruktur kesehatan di Indonesia.

Di sisi lain industri kesehatan mendapat tantangan untuk bisa segera hadir sebagai kekuatan yang mandiri di Tanah Air untuk memenuhi kebutuhan pendukung kesehatan masyarakat .

Di saat penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta mengalami peningkatan dan tumbuhnya layanan kesehatan di banyak daerah percepat pengembangan industri farmasi dalam negeri menjadi hal yang mendesak.

Selengkapnya silakan kunjungi https://bisnisindonesia.id/article/simak-8-poin-penting-pidato-kenegaraan-jokowi-di-sidang-mpr-2021

2. TANTANGAN MEWUJUDKAN NEGERI BERDAULAT MELALUI BIG DATA

Manfaat big data sangat dirasakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan, seperti lembaga penelitian dan pengembangan, ritel, perbankan, kesehatan, dan lain-lain.

Analisis big data dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan lebih cepat, memahami kebutuhan pasar/pelanggan, mengembangkan strategi kebijakan dan layanan, hingga meningkatkan produktivitas.

Akan tetapi,saat ini  penerapan big data di kalangan pemerintah RI menghadapi tantangan. Tumpang tindih data karena menyatukan beribu-ribu data menjadi satu data center bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan digital transformation essentials dengan menerapkan penguatan infrastruktur di berbagai daerah, membuat regulasi, dan menciptakan ekosistem untuk mengintegrasikan semuanya.

Selengkapnya silakan baca di https://bisnisindonesia.id/article/tantangan-mewujudkan-negeri-berdaulat-melalui-big-data

3. ARAB SAUDI BANGUN PLTS SUDAIR 1.500 MW SENILAI US$900 JUTA

Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pengembang ACWA Power telah mencapai kesepakatan finansial untuk pembangkit listrik tenaga surya Sudair 1.500 megawatt, sebuah proyek besar dalam mendorong pengembangan energi terbarukan Arab Saudi.

 

PLTS Sudair yang dibangun di Sudair Industrial City di utara Arab Saudi nantinya mampu melistriki 185.000 rumah tangga./Istimewa-www.arabnres.com.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Sudair yang diumumkan pada April, menjadi bagian utama dari program energi terbarukan PIF. Lembaga investasi itu memiliki 30 persen saham di ACWA Power dan memiliki perusahaan utilitas Badeel, anggota konsorsium lainnya.

PLTS (fotovoltaik surya) kontrak tunggal terbesar di dunia itu akan berlokasi di Sudair Industrial City di utara Arab Saudi.

Jika dibandingkan dengan proyek PLTS apung Cirata yang belum lama ini juga mencapai kesepakatan pendanaan, kapasitas PLTS Sudair ini mencapai 10 kali lipat. 

Selengkapnya silakan baca di https://bisnisindonesia.id/article/arab-saudi-bangun-plts-sudair-1500-mw-senilai-us900-juta

4. MPR SINGGUNG VAKSINASI IDEOLOGI PADA SIDANG TAHUNAN 2021

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menilai vaksinasi sebagai upaya untuk mengatasi pandemi Covid-19 perlu dibarengi dengan vaksinasi ideologi. Hal itu diperlukan untuk meningkatkan ketahanan ideologi bangsa.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Rapat Paripurna DPR RI tentang RAPBN 2022, Senin (16/8/2021).

Bambang menyebutkan upaya itu akan berdampak pada ketahanan tubuh serta ketahanan ideologi. Para anggota parlemen diminta terus melaksanakan vaksinasi ideologi Pancasila melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Melalui vaksinasi ideologi Bambang meyakini segala ancaman dan gangguan yang berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa akan dapat dicegah dan ditangkal.

Selengkapnya, silakan baca di https://bisnisindonesia.id/article/mpr-singgung-vaksinasi-ideologi-pada-sidang-tahunan-2021

5. TAHAP PERSIAPAN SEBELUM KA BANDARA YIA BEROPERASI KOMERSIAL

Layanan KA Bandara akan  makin melengkapi pilihan moda transportasi di Yogyakarta International Airport (YIA). Layanan KA Bandara akan menambah layanan shuttle bus, taksi bandara, dan bus DAMRI di Bandara baru di Yogyakarta tersebut.

PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan terdapat tiga tahap persiapan sebelum Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport beroperasi penuh tahun ini.

Persiapan mulai dari penyelenggaran perjalanan luar biasa, layanan perjalanan dengan penumpang terbatas, hingga operasional komersial melayani masyarakat dengan cara berbayar. 

Selengkapnya  silakan baca di https://bisnisindonesia.id/article/3-tahap-persiapan-sebelum-ka-bandara-yia-beroperasi-komersial

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi industri farmasi ka bandara
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top